PENGARUH FAKTOR-FAKTOR BAURAN PEMASARAN TERHADAP PENJUALAN BUAH DI KOTA MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis besar volume penjualan dan keuntungan yang di peroleh penjual buah di Kota Makassar, mendeskripsikan strategi bauran pemasaran yang di lakukan pedagang buah di kota Makassar, menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap volume penjualan buah di Kota Makassar. penelitian ini dilaksanakan di Kota Makassar dengan 5 lokasi penelitian yaitu, Jln. Onta lama, Jln. Andi Mappanyuki, BTP, Perintis Kemerdekaan 09 dan Perintis Kemerdekaan 19. Pada penelitian ini mengunakan analisis deskriptif dan mengunakan analisis regresi linier berganda. Sampel ditentukan dengan cara total sampling, dimana seluruh responden dijadikan sampel. Sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 sampel. Pada pengambilan responden pembeli diambil secara purposive sampling dimana responden diambil secara sengaja. Rata-rata keuntungan yang diperoleh penjual buah di Kota Makassar yaitu berkisar antara Rp.7.697.750,00 - Rp. 9.825.000,00 sebanyak 6 responden (20,00%). Untuk kuntungan berkisar antara Rp.5.570.500,00 – Rp.7.697.750,00 berjumlah 15 orang (50,00%). Sedangkan yang mendapatkan keuntungan Rp.3.443.250,00 – Rp.5.570.500,00 berjumlah 9 responden (30%). Hasil penelitian menunjukkan variabel bauran pemasaran yang digunakan dalam model penelitian yaitu produk, harga tempat dan promosi, dari keempat variabel tersebut semuanya berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap volume penjualan buah di Kota Makassar.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33096/wiratani.v1i1.1
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 WIRATANI
___________________________________________________________
Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis
ISSN 2614-5928
Published by Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0