ANALISIS KELAYAKAN USAHA KOPRA PUTIH DI KECAMATAN TOARI KABUPATEN KOLAKA

Tira Umami, Masitah Masitah, Nursalam Nursalam

Abstract


Di Indonesia kelapa diolah menjadi produk setengah jadi, yang akan diolah kembali menjadi berbagai produk seperti minyak kelapa. Indonesia merupakan negara produsen kopra terbesar kedua di dunia, namun pertumbuhan volume ekspor kopra Indonesia cenderung menurun. Kabupaten kolaka merupakan daerah yang sebagian besar masyarakatnya merupakan petani perkebunan kelapa. Kecamatan Toari mengolah dua jenis kopra yaitu kopra putih (jemur), dan kopra hitam (pengasapan). Kopra putih pengolahanya dengan proses penjemuran di bawah sinar matahari langsung. Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mengetahui berapa besar pendapatan usaha kopra putih di Kecamatan Toari Kabupaten Kolaka, 2) untuk mengetahui kelayakan usaha kopra putih di Kecamatan Toari Kabupaten Kolaka. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif, sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer yang di peroleh langsung dari responden dan data sekunder yang di peroleh dari instansi-instansi yang terkait dalam penelitian ini, metode analisis data yang digunakan yaitu analisis pendapatan dan analisis kelayakan. Hasil analisis penelitian ini menunjukan bahwa: 1) besar pendapatan usaha kopra putih di Kecamatan Toari Kabupaten Kolaka yaitu Rp. 4.330.167. 2) dalam analisis kelayakan usaha di ketahui bahwa R/C Ratio pada pengolah kopra putih sebesar 1,43. Hasil tersebut memberikan gambaran bahwa usaha kopra putih efisien secara biaya dan layak diusahakan karena hasil analisisnya R/C >1.

Keywords


kelapa; kopra; pendapatan; kelayakan

References


Agustiani V, Burhan dan Rahman A. (2014). Optimasi Suhu Dan Waktu Pengeringan Kopra Putih dengan Pemanasan Tidak Langsung (Indirect Drying). Agrointek, 8(2).

Gafur, A., & Arifuddin Lamusa. (2017). Analisis Pendapatan Usaha Kopra di Desa Meli Kecamatan Balaesang Kabupaten Donggala. Agrotekbis, 5(2), 249–253.

Febriansyah, M. F. Y., Nalefo, L., Musadar. (2022). Analısıs Kelayakan Usaha Kopra Putıh dengan Sıstem Pengolahan Green House dan Prospek Pengembangannya pada Masyarakat Tanı Kecamatan Kulısusu Utara Kabupaten Buton Utara. Jurnal Ilmiah Penyuluhan dan Pengembangan Masyarakat (JIPPM), 2(4), 241-250.

Kasmir dan Jakfar. (2020). Studi Kelayakan Bisnis. Edisi Revisi. Jakarta : Prenadamedia Group.

Nugroho, A. Y., dan Mas'ud, A. A. (2021). Proyeksi BEP, R/c Ratio dan R/L Ratio terhadap Kelayakan Usaha (Studi Kasus pada Usaha Taoge di Desa Wonoagung Tirtoyudoyo, Kabupaten Malang. Jurnal Koperasi dan Manajemen, 2(1), 26-37.

Nurwahida, Marhawati, Mustari, Rahmatullah, Mardiana. (2021). Analisis Pendapatan dan Kelayakan Usaha Kopra. Jambura Economic Educational Journal, 3(1), 28-37.

Layla, Nur. (2019). Karakteristik dan Pengaruh Faktor-faktor Produksi Terhadap Volume Hasil Produksi pada Industri Pengolahan Hasil Perkebunan di Kabupaten Kepulauan Selayar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689-1699.

Pranata, K., Yunus, L., & Limi, M. A. (2019). Analisis Komparatif Pendapatan Pengolah Kopra Hitam dengan Pengolah Kopra Putih di Desa Horongkuli Kecamatan Toari Kabupaten Kolaka. Jurnal Ilmiah Membangun Desa dan Pertanian, 4(6), 156–160.

Rahmawati, I. (2019). Tren dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Volume Ekspor Kopra Indonesia [skripsi]. Fakultas Pertanian Jenderal Soedirman, Purwokerto.

Sabir, N. (2018). Analisis Kelayakan Usaha Penggilingan Padi Keliling (Studi Kasus Usaha Penggilingan Padi Keliling di Desa Tumale Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu ) [skripsi]. Agribisnis Universirtas Hasanuddin Makassar.

Soekartawi. (2006). Analisis Usaha Tani. Jakarta: UI Press.

Siloto, N., Wangke, W. M., & Katiandagho, T. M. (2017). Perbandingan Pendapatan Petani Kopra Jemur Dan Kopra Asap (Studi Kasus Desa Paslaten Satu Kecamatan Tatapaan). Agri-Sosioekonomi, 13(2A), 317. https://doi.org/10.35791/agrsosek.13.2a.2017.17058

Wati, L. I. (2018). Analisis Pendapatan dan Nilai Tambah Kopra Sebagai Produk Olahan Kelapa di Desa Bila Kecamatan Amali Kabupaten Bone. Utu.Ac.




DOI: https://doi.org/10.33096/wiratani.v6i1.111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Tira Umami, Masitah Masitah, Nursalam Nursalam

 ___________________________________________________________
Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis
ISSN 2614-5928
Published by Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0