ANALISIS KELAYAKAN DAN JARINGAN SOSIAL MESIN PANEN PADI DI KELURAHAN MATTIRO DECENG

Herdi Herdi, Sitti Rahbiah, Andi Maslia Tenrisau Adam

Abstract


Jaringan sosial dapat digunakan sebagai modal sosial atau modal yang bukan berupa uang dalam transaksi karena berupa hubungan sosial yang relatif berlangsung lama dan berpola. Jaringan sosial merupakan modal utama dalam suatu transaksi atau pertukaran pada sektor ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis biaya dan pendapatan yang diperoleh pengusaha mesin panen padi Combine Harvester, menganalisis kelayakan usaha mesin panen padi Combine Harvester dan mendeskripsikan jaringan sosial yang terdapat pada pengusaha mesin panen padi Combine Harvester. Populasi adalah semua pengusaha mesin panen padi Combine Harvester di Kelurahan Mattiro Deceng. Sampel dalam penelitian diambil dengan menggunakan metode sensus dengan mengambil semua pengusaha mesin panen padi combine harvester Di Kelurahan Mattiro Deceng. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa ketiga usaha mesin panen padi combine harvester menguntungkan untuk diusahakan. Usaha mesin panen padi combine harvester layak untuk diusahakan karena hasil analisis R/C Ratio dari ketiga usaha mesin panen padi combine harvester adalah 1,47 untuk mesin x, 1,68 untuk mesin y dan 1,82 untuk mesin z. Jaringan sosial yang terbentuk adalah jaringan interest dan sentiment. Jaringan interest terbanyak yang terbentuk adalah antara sesama pemilik usaha dikarenakan adanya hubungan kerja, jaringan sentiment terbanyak yang terbentuk adalah antara pengusaha ke petani dikarenakan adanya faktor langganan dan hubungan yang baik dan tidak ada jaringan power yang terbentuk antara pengusaha dengan petani, antara sesama pemilik usaha dan pemilik usaha dengan pemerintah.


Keywords


Combine Harvester; Jaringan Sosial; Kelayakan

References


Ali, Mahrus. (2017). Mengenal Alat dan Mesin Pemanen Padi. Jurnal Agrosains: Karya Kreatif dan Inovatif.

Hery. (2014). Akutansi Dasar 1 dan 2. Jakarta: Grasindo.

Munawir, S. (2010). Analisis laporan Keuangan Edisi Keempat. Yogyakarta: Liberty

Noviawati, Hany. (2015). Analisis Efisiensi Penggunaan Mesin Pemanen Padi (Combine Harvester) Di Kabupaten Lombok Barat. Jurnal ilmiah Mahasiswa Pertanian I: 1–13.

Nuhlia, Rama. (2018). Jaringan Sosial Pada Pengusaha Kopi Bubuk Di Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang [Skirpsi]. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar.

Saputra, H. (2021). Analisis Kelayakan Mesin Combine Harvester dari Aspek Teknis, Finansial dan Sosial Budaya pada Usaha Tani Padi di Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung. Journal of Global Sustainable Agriculture, 1(2) : 46-55.

Setymeliana, A. (2021). Analisis Kelayakan Finansial Usaha Unit Mesin Pemanen Padi Combine Harvester (Kubota DC 70) Di Desa Pijeran Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo [Doctoral dissertation]. Politeknik Negeri Jember.

Sijabat, B. D. (2021). Analisis Kelayakan Usaha Mesin Pemanen Padi (Power Trheser) (Kasus: Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang) [Doctoral dissertation] Universitas Sumatera Utara.

Suratiyah, K. (201)5. Ilmu Usahatani. Jakarta: Penebar Swadaya.

Ulfa, L. (2021). Analisis Kelayakan Usaha Unit Pengelola Jasa Mesin Penanam Padi (Rice Transplanter) Di Kabupaten Ponorogo. Manajemen Agribisnis: Jurnal Agribisnis, 21(1) : 1-11.

Widyantari, I. N., Maulany, G. J., & Wijayanti, N. (2022). Analisis Kelayakan Usahatani Padi Petani Transmigran di Kampung Margamulya Distrik Semangga Kabupaten Merauke Propinsi Papua. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 18 (2) : 207-213.




DOI: https://doi.org/10.33096/wiratani.v6i1.112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Herdi Herdi, Sitti Rahbiah, Andi Maslia Tenrisau Adam

 ___________________________________________________________
Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis
ISSN 2614-5928
Published by Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0