ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI KAKAO INTEGRASI TERNAK

Dwi Ahrisa Putri, Arman Amran, Nurmadina Nurmadina, Nurlaela Nurlaela

Abstract


Sistem usahatani integrasi dapat memberikan manfaat tambahan bagi petani kecil, menengah, maupun besar yaitu berupa daur ulang limbah tidak terpakai sebagai sumberdaya yang dapat menyediakan sumber penting bagi produksi seperti pupuk, pakan, dan bahan bakar yang membuat aktivitas bertani berjalan ekonomis dan berkelanjutan secara ekologis. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui pola kakao integrasi ternak, (2) menganalisis kelayakan usahatani kakao integrasi ternak, (3) menganalisis pendapatan usahatani kakao integrasi ternak dan usahatani kakao yang tidak terintegrasi di Desa Tapango Barat, Kecamatan Tapango, Kabupaten Polewali Mandar. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara purposive sampling, dengan observasi terlebih dahulu di daerah penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola penerapan usahatani kakao integrasi ternak dan mengetahui kelayakan penerapan usahatani kakao integrasi ternak serta mengetahui perbandingan pendapatan usahatani kakao integrasi ternak dengan usahatani yang tidak menerapkan integrasi (usaha kakao). Metode analisis usahatani kakao integrasi ternak data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis pendapatan petani, metode uji-t dan metode R/C Ratio. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Pola penerapan usahatani kakao integrasi ternak yaitu dilakukan secara tradisional yang dicirikan pemberian pakan dan kandang ternak yang sederhana, (2) Berdasarkan nilai R/C Ratio sebesar 1,8 maka usahatani kakao integrasi ternak layak untuk diusahakan, (3) Pendapatan petani kakao integrasi ternak lebih besar dibandingkan dengan petani yang tidak menerapkan integrasi (petani kakao). Adapun perbandingan pendapatan petani dengan menggunakan uji –t yaitu ada perbedaan pendapatan tapi tidak signifikan.

Keywords


Kelayakan; Pendapatan; Pola Penerapan; Usahatani; Integrasi

References


Badan Pusat Statistik. (2018). Luas Lahan Pertanian Indonesia.

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bali. (2011). Pertanian Integrasi Tanaman-Ternak.

Budi, T. P. (2006). SPSS 13.0 Terapan Riset Statistik Parametrik. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

Frisca, C., Maharani, E., Yusmini. (2022). Analisis Kelayakan Finansial Usahatani Kakao Pada Kelompok Tani Prima Jaya Di Desa Pelambaian Kecamatan Tapun. JSEP : Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 18 (2) : 91-102.

Gamaruddin, Arifin T., Asdar, S., Harli A. Karim. (2020). Pola Integrasi Kakao-Ternak Kambing Solusi Peningkatan Pendapatan Petani Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1 (2) : 125-131.

Harli. (2017). Sistem Integrasi Tanaman – Ternak Kambing untuk Produksi Kakao yang Resilien. AGROVITAL: Jurnal Ilmu Pertanian, 2 (1) : 1-7.

Hastuti, S. (2013). Pola Usahatani Terpadu dalam Upaya Pengembangan Agribisnis di Kecamatan Bara Kota Palopo. DINAMIKA: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4 (1) : 1-14.

Pasek, I K. (2022). Analisis Pendapatan Usahatani Kakao yang Terintegrasi dengan Ternak Kambing (Studi Kasus di Desa Rante Mario Kecamatan Tomoni Kabupaten Luwu Timur) [tesis]. Program Studi Sistem-sistem Pertanian, Sekolah Pascasarjana, Universitas Hasanuddin.

Statistik Perkebunan Indonesia. (2017). Komoditas Kakao.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suratiyah, K. (2015). Ilmu Usaha Tani. Jakarta: Penebar Swadaya.

Syafruddin. (2022). Analisis Pengaruh Penerapan Sistem Integrasi Tanaman Kakao dan Ternak Kambing terhadap Pendapatan Petani di Kecamatan Tapango Polewali Mandar. Civil Officium: Journal of Empirical Studies on Social Science, 2 (1) : 30-38.

Wirasti, C. A., Pujiastuti, E., Gunawan. (2019). Pendapatan Usahatani Sistem Integrasi Berbasis Kakao dan Kambing di Daerah Istimewa Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Kesiapan Sumber Daya Pertanian dan Inovasi Spesifik Lokasi Memasuki Era Industri 4.0 hlm. 78-85.




DOI: https://doi.org/10.33096/wiratani.v6i1.121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dwi Ahrisa Putri, Arman Amran, Nurmadina Nurmadina, Nurlaela Nurlaela

 ___________________________________________________________
Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis
ISSN 2614-5928
Published by Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0