ANALISIS KINERJA PENYULUH TERHADAP PRODUKSI DAN PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH IRIGASI (Studi Kasus Di Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone)

Fauziah Nur Rahman, Nuraeni Nuraeni, Ida Rosada

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi metode penyuluhan yang diterapkan pada petani di Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone, menganalisis kinerja penyuluh pertanian di Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone, menganalisis produksi dan pendapatan usahatani padi di Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone, menganalisis kinerja penyuluh terhadap produksi usahatani padi di Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone. Lokasi penelitian di Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone dengan jumlah responden 39 petani dan 13 penyuluh pertanian. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis keuntungan (pendapatan), analisis indikator kinerja penyuluh berdasarkan peraturan menteri pertanian No.91/Permentan/OT-140/2013 dan analisis rank spearman. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa metode penyuluhan yang sering dilakukan di Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone yaitu metode penyuluhan kelompok dengan jumlah frekuensi penyuluhan yang sering dilakukan sebanyak 4 kali permusim dengan persentase 50 %, Tingkat kinerja penyuluh berdasarkan nilai indeks prestasi kerja penyuluh di Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone berada dalam kategori cukup dengan nilai prestasi kerja sebesar 66,83, produksi padi sawah termasuk dalam kategori rendah sebesar 4.991,10 kg/ha atau setara dengan 4,99 ton/ha dibawah produksi di Kecamatan Kahu sebesar 6,26 ton/ha dan Hubungan kinerja penyuluh dengan produksi padi  di Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone memiliki hubungan tidak signifikan dan berdasarkan nilai koefisien korelasi menunjukkan bahwa kinerja penyuluh dan produksi padi memiliki hubungan sangat lemah sebesar 0,038.

Keywords


Kinerja; Pendapatan; Penyuluh; Produksi

References


Ahmad, S. (2003). Bantuan pangan Dalam Konteks Ketahanan Pangan. Jakarta: Badan Ketahanan Pangan, Departemen Pertanian.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arista, T. (2020). Analisis Kinerja Penyuluh Pertanian Berdasarkan Persepsi Petani Di Wilayah Agro Techno Park (ATP) Universitas Brawijaya Desa Jatikerto (Kasus Penyuluhan Pertanian Di Desa Jatikerto, Kecamatan Kromengan) [Doctoral Dissertation]. Malang: Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya.

Badan Pusat Statistik (BPS). (2019). Buku Statistik Kabupaten Bone dalam Angka 2019. Badan Pusat Statistik Kabupaten Bone

Departemen Pertanian. (2013). Peraturan Menteri Pertanian Nomor 91 Tahun 2013 Tentang Indikator Kinerja Penyuluh Pertanian. Jakarta: Kementerian Pertanian.

Nurmayasari, I., Viantimala, B., Gultom, D. T., Yanfika, H., & Mutolib, A. (2020). Partisipasi dan kepuasan petani terhadap kinerja penyuluh pertanian di Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan. Mimbar Agribisnis, 6(1), 448-459.

Santoso, P., Muhariyanto, A., & Irianto, B. (2005). Kajian Adopsi dan Dampak Teknologi Sistem Usaha Pertanian Padi-Udang Windu di Lahan Sawah Tambak Kabupaten Lamongan. J. Pengkajian dan Teknologi Pertanian, 8(2), 207-217.

Soleh, M. M., Porajow, O., & Benu, N. M. (2020). Kepuasan Petani Padi Sawah Terhadap Kinerja Penyuluh Pertanian Di Desa Kopi Kecamatan Bintauna Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. AGRI-SOSIOEKONOMI, 16(3), 379-388.

Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

Sumaryo, S., & Gultom, D. T. (2020). Kinerja Penyuluh Pertanian Lapangan dan Tingkat Kepuasan Petani Padi di Kecamatan Metro Selatan Kota Metro. Suluh Pembangunan: Journal of Extension and Development, 2(2), 69-75.

Suwanti, V., Kasimin, S., & Ismayani, I. (2019). Analisis Kinerja Penyuluh Pertanian Pada Program Upaya Khusus (Upsus) Peningkatan Produksi Padi, Jagung Dan Kedelai Di Kabupaten Aceh Besar. Agrifo: Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh, 4(1), 69-79.

Tanauma, A. R., Wangke, W. M., & Manginsela, E. P. (2019). Persepsi Petani Padi Sawah Terhadap Kinerja Penyuluh Pertanian Di Desa Tatengesan Kecamatan Pusomaen Kabupaten Minahasa Tenggara. AGRI-SOSIOEKONOMI, 15(2), 243-252.




DOI: https://doi.org/10.33096/wiratani.v4i1.131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fauziah Nur Rahman, Nuraeni Nuraeni, Ida Rosada

 ___________________________________________________________
Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis
ISSN 2614-5928
Published by Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0