ANALISIS SOSIAL EKONOMI PETANI JAGUNG DENGAN SISTIM TANAM JAJAR LEGOWO DAN NON JAJAR LEGOWO (Studi Kasus di Desa Tonasa, Kecamatan Sanrobone, Kabupaten Takalar)

Wali Songo, Mais Islan, Farizah Dhaifina Amran

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbandingan produksi, penerimaan dan pendapatan petani jagung yang menerapkan sistim tanam jajar legowo dan non jajar legowo dan menganalisis pengaruh faktor sosial ekonomi terhadap pendapatan petani jagung di Desa Tonasa. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tonasa, Kecamatan Sanrobone, Kabupaten Takalar pada bulan Juni sampai Juli 2020. Populasi petani jagung dalam penelitian ini di Desa Tonasa, Kecamatan Sanrobone, Kabupaten Takalar sebanyak 300 orang. Masing-masing diambil sebesar 20% dari jumlah populasi petani jagung sistim tanam jajar legowo dan non jajar legowo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara Simple Random Sampling. Metode analisis penelitian adalah menggunakan analisis biaya, analisis penerimaan, analisis pendapatan, analisis kelayakan (R/C-ratio) dan analisis regresi. Penerapan sistim tanam pada usahatani jagung memiliki perbedaan pada produksi, penerimaan dan pendapatan. Produksi sistim tanam jagung jajar legowo lebih tinggi dari sistim tanam jajar non legowo. Kelayakan usaha masing-masing layak untuk dikembangkan karena lebih besar dari satu. Faktor sosial petani jagung penerapan sistim tanam legowo (umur, tingkat pendidikan, pengalaman berusahatani dan tingkat kosmopolitan) terhadap pendapatan berpengaruh tidak nyata terhadap pendapatan. Sedangkan faktor sosial petani jagung penerapan sistim tanam non jajar legowo (umur, tingkat pendidikan, pengalaman berusahatani dan tingkat kosmopolitan) yaitu berpengaruh nyata. Faktor ekonomi petani jagung (luas lahan, jumlah tenaga kerja dan modal produksi) berpengaruh nyata terhadap pendapatan petani jagung dengan sistim penerapan jajar legowo dan sistim non jajar legowo, kedua sistim tanam faktor ekonomi berpengaruh nyata terhadap pendapatan petani jagung.


Keywords


Analisis Kelayakan; Jajar Legowo

References


Astuti, H. B., Hartono, R., & Rambe, S. S. (2019). Analisis Finansial Usahatani Jagung Dan Tumpang Sari Sistem Jajar Legowo Jagung-Kedelai Di Kabupaten Seluma. Jurnal AGRISEP: Kajian Masalah Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 107-114.

Chaerani, D. S. (2019). Pengaruh Karakteristik Sosial Ekonomi Petani Terhadap Pendapatan Usahatani Jagung Manis anggota Gabungan Kelompok Tani Tunas Muda Kelurahan Kampung Jua Nan XX Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Jurnal Embrio, 11(02), 23-44.

Direktorat Jenderal Tanaman Pangan (2015). Laporan Tahunan. Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Fatmawati, F., & Sirajuddin, Z. (2019). Analisis margin dan efisiensi saluran pemasaran petani jagung (Zea mays) di Desa Suka Makmur Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo. Gorontalo Agriculture Technology Journal, 2(1), 19-29.

Feidy, E., & Ch, R. W. (2020). Sistem Tanam Jajar Legowo Pada Pertumbuhan Jagung Manis (Zea mays L. Saccharata). In Cocos (Vol. 2, No. 3).

Khalik, R. S. 2010. Diservikasi Konsumsi Pangan di Indonesia: Antara Harapan dan Kenyataan. Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian.

Lestari, I. D., Haris, A., & Numba, S. (2020). PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN JAGUNG PROLIFIK PADA BERBAGAI JARAK TANAM DALAM BARIS DENGAN SISTEM TANAM JAJAR LEGOWO. Jurnal Agrotek Vol, 4(1).

Margawati, E., Lestari, E., & Sugihardjo, S. (2020). Motivasi Petani dalam Budidaya Tanaman Jagung Manis di Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar. SOCIAL PEDAGOGY: Journal of Social Science Education, 1(2), 174-184.

Moonti, A., & Wibowo, L. S. (2020). Potret Sosial Ekonomi Petani Jagung dan Kemitraan iGrow di Kabupaten Gorontalo. Jambura Agribusiness Journal, 2(1), 22-33.

Rangkuti, K., Siregar, S., Thamrin, M., & Andriano, R. (2015). Pengaruh faktor sosial ekonomi terhadap pendapatan petani jagung. AGRIUM: Jurnal Ilmu Pertanian, 19(1).

Yusmel, M. R., Afrianto, E., & Fikriman, F. (2019). Faktor-faktor Sosial Ekonomi yang Mempengaruhi Keberhasilan Produktivitas Petani Padi Sawah di Desa Seling Kecamatan Tabir Kabupaten Merangin. JAS (Jurnal Agri Sains), 3(1).




DOI: https://doi.org/10.33096/wiratani.v4i2.148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Wali Songo, Mais Islan, Farizah Dhaifina Amran

 ___________________________________________________________
Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis
ISSN 2614-5928
Published by Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0