KAJIAN PERAN KELOMPOK TANI DALAM MENINGKATKAN PRODUKSI USAHATANI KAKAO (Studi Kasus Di Desa Bulu Tellue, Kecamatan Bulupoddo, Kabupaten Sinjai)

Wisriani Wisriani, Nuraeni Nuraeni, Tsalis Kurniawan Husain

Abstract


Permasalahan yang dialami oleh petani kakao di Desa Bulu Tellue, Kecamatan Bulupoddo, Kabupaten Sinjai saat ini peran kelompok tani kakao masih kurang dalam hal sosialisasi tentang pembudidayaan kakao seperti pembibitan, jenis varietas, pemberantasan hama dan penyakit dan penyuluhan kurang aktif untuk bekerja sama terhadap kelompok-kelompok tani yang ada di Bulu Tellue Kecamatan Bulupoddo Kabupaten Sinjai. Berdasarkan data dan fenomena di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kajian peran kelompok tani dalam meningkatkan produksi usahatani kakao di Desa Bulu Tellue, Kecamatan Bulupoddo, Kabupaten Sinjai. Penelitian dilaksanakan di Desa Bulu Tellue, Kecamatan Bulupoddo, Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini berlangsung selama 3 bulan yaitu dari bulan Juli hingga bulan Agustus 2020. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 petani kakao dengan metode pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling dengan mengambil 5 orang setiap kelompok tani. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kelompok tani dalam meningkatkan produksi usahatani kakao di Desa Bulu Tellue, Kecamatan Bulupoddo Kabupaten Sinjai dari kelas belajar dengan total skor sebesar 115,8 (77,191%) yang nilai skornya berada antara 68% – 83% atau kategori berperan. Unit produksi dengan total sebesar 118 (78,66%) atau kategori berperan. Wahana kerjasama dengan total skor sebesar 125,6 (83,73%) atau kategori berperan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kelompok tani dalam meningkatkan produksi usahatani kakao di Desa Bulu Tellue, Kecamatan Bulupoddo Kabupaten Sinjai dari kelas belajar, unit produksi dan wahana kerja sama adalah berperan dengan indeks 80,10%.


Keywords


Kelompok Tani; Usahatani Kakao

References


Agustiani, H. (2019). Peran Kelompok Tani dalam Penerapan Teknologi Budidaya Kakao di Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul [Doctoral dissertation]. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Anisah, N. (2020). Peran Kelompok Tani dalam Peningkatan Produksi Kakao Di Desa Tallang Bulawang Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu (Studi Kasus Kelompok Tani Situjuh) [Doctoral Dissertation]. Palopo: Fakultas Pertanian, Universitas Cokroaminoto Palopo.

Arikunto. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Eskarya, H., & Elihami, E. (2019). The Institutional Role of Farmer Groups to Develop the Production of Cocoa. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 81-87.

Lestari, U., & Idris, M. (2019). Peran Kelompok Tani dalam Kegiatan Usahatani Kakao di Desa Ketulungan Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Agribisnis Indonesia (Journal of Indonesian Agribusiness), 7(2), 92-101.

Nurliani, N., Hasan, I., & Busmar, B. (2019). Dampak Program Kakao Berkelanjutan Terhadap Pemberdayaan Petani Dan Penguatan Kelompok Tani (Study Kasus pada Kelompok Tani Kakao di Kabupaten Majene, Sul-bar). AGROTEK: Jurnal Ilmiah Ilmu Pertanian, 3(2), 156-167.

Putri, F. H. (2020). Motivasi Petani dalam Pengembangan Agribisnis Kakao di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul [Doctoral dissertation]. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Saputro, W. A., & Fidayani, Y. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Kakao Desa Nglanggeran Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul. Vigor: Jurnal Ilmu Pertanian Tropika Dan Subtropika, 5(1), 24-30.

Sugiyono. 2009. Metodologi Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Wulandari, T. (2019). Peran Kelompok Tani Dalam Meningkatkan Pendapatan Petani Kakao Di Kabupaten Lampung Timur Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Kelompok Tani Subur Di Desa Banjar Agung Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur) [Doctoral dissertation]. Lampung: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung




DOI: https://doi.org/10.33096/wiratani.v4i2.156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Wisriani Wisriani, Nuraeni Nuraeni, Tsalis Kurniawan Husain

 ___________________________________________________________
Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis
ISSN 2614-5928
Published by Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0