ANALISIS FAKTOR PREFERENSI KONSUMEN DALAM MEMILIH KEDAI KOPI (COFFEE SHOP)

Suci Ananda Muas, Sitti Rahbiah Busaeri, Rasmaeidah Rasyid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis produk dan harga minimun yang disediakan di Kedai Pribumi, Kopi Hub dan Coffee Lovers, untuk mengidentifikasi alasan kosumen dalam memilih kedai kopi (Coffee Shop) dan menganalisis faktor yang berhubungan dengan preferensi konsumen dalam memilih kedai kopi (Coffee Shop) di Kota Makassar. Pengumpulan data menggunakan riset lapangan, observasi dan kuesioner. Jenis produk dan harga yang ditawarkan pada masing masing adalah pada Kedai Pribumi menawarkan 15 jenis produk dengan harga paling murah adalah Rp 13.000 dan harga paling mahal adalah Rp 18.000 dengan rata-rata Rp 15.933. Kopi hub menawarkan 12 jenis produk dengan harga paling murah Rp 17.000 dan harga paling mahal adalah Rp 31.000 dengan rata rata Rp 24.000. Coffee Lovers menawarkan 11 jenis produk dengan harga paling murah Rp 18.000 dan harga paling mahal Rp 32.000 dengan rata-rata Rp 27.000. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa faktor preferensi konsumen terhadap pemilihan coffe shop dikatakan dalam kategori cukup. Langkah selanjutnya membandingkan nilai chi-square tabel (X2tabel) dengan chi square hitung (X2hitung). Dimana harga dari nilai chi square hitung (X2hitung) sebesar 30,757 lebih besar dari pada harga chi-square tabel pada db=4 pada taraf signifikansi 5% yaitu 9,488. Terdapat pengaruh preferensi konsumen terhadap faktor preferensi yang terdapat pada coffee shop oleh responden di Kota Makasar.


Keywords


Faktor Preferensi; Konsumen; Kedai Kopi

References


Amir, M.T. (2005). Dinamika Pemasaran Jelajahi dan Rasakan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

As' ad, M. H., & Aji, J. M. M. (2020). Faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen kedai kopi modern di Bondowoso. JSEP (Journal of Social and Agricultural Economics), 13(2), 182-199.

Budi, D. A. S., Sudarma, I. M., & Agung, I. D. G. (2020). Preferensi Konsumen Terhadap Kedai Kopi di Kota Denpasar. Jurnal Agribisnis dan Agrowisata, 9.

Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Selatan. (2019). Pengembangan Sub Sektor Perkebunan Kopi di Provinsi Sulawesi Selatan. Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan

Pakpahan, H.T. 2014. Peduli UMKM. Plantaxia, Yogyakarta

Rahman, R. A., Sastryawanto, H., & Haryanti, E. (2020). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Kopi Lokal Jawa (Bromo Tengger) Di Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Sosio Agribis, 20(1).

Rasmikayati, E., Deaniera, A. N., Supyandi, D., Sukayat, Y., & Saefudin, B. R. (2020). Analisis Perilaku Konsumen: Pola Pembelian Kopi Serta Preferensi, Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Kedai Kopi Consumer Behavior: Purchase Pattern of Coffee, Preferences, Satisfaction and Loyalty of Coffee Shop Consumer. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis. Juli, 6(2), 969-984.

Saefudin, B. R., Deanier, A. N., & Rasmikayati, E. (2020). Kajian Pembandingan Preferensi Konsumen pada Dua Kedai Kopi di Cibinong, Kabupaten Bogor. AGROVITAL: Jurnal Ilmu Pertanian, 5(1), 39-46.

Schiffman and Lazar Kanuk. (2000). Costumer Behavior, Internasional Edition. Prentice Hall

Sitinjak, T. (2004). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.33096/wiratani.v4i2.160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Suci Ananda Muas, Sitti Rahbiah Busaeri, Rasmaeidah Rasyid

 ___________________________________________________________
Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis
ISSN 2614-5928
Published by Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0