ANALISIS SISTEM PEMASARAN KOMODITI BAWANG MERAH DENGAN PENDEKATAN SCP (MARKET STRUCTURE, MARKET CONDUCT AND MARKET PERFORMANCE) DI KELURAHAN BARUGA DHUA, KECAMATAN BANGGAE TIMUR, KABUPATEN MAJENE, PROVINSI SULAWESI BARAT
Abstract
Harga bawang sering tidak stabil, kadang-kadang turun dan dalam waktu singkat kembali naik. Maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem pemasaran komoditas bawang merah dengan pendekatan scp (Struktur Pasar, Perilaku Pasar dan Kinerja Pasar) di Desa Baruga Dhua, Kecamatan Banggae Timur, Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat. Analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dalam analisis struktur pasar, melihat saluran pemasaran, konsentrasi pasar, kebebasan petani dan lembaga pemasaran, fasilitas pemasaran dan transmisi atau informasi pasar. Dalam analisis perilaku pasar melihat bentuk pemasaran antar petani, perlakuan produk, kolusi antar lembaga, sistem pembelian produk, sistem penentuan harga, sistem pembayaran, diversifikasi produk, kontrak farming dan kejujuran lembaga pemasaran. Dalam analisis penampilan pasar melihat margin pemasaran, persen harga jual dan konflik antar lembaga. Hasilnya menunjukkan bahwa ada 4 saluran pemasaran dengan struktur pasar yang mengacu pada pasar oligopsoni. Perilaku pasar berdasarkan hasil penelitian dianggap aman meskipun dapat melemahkan posisi petani karena pedagang yang memiliki kekuasaan. Penampilan pasar menunjukkan bahwa margin pemasaran tertinggi adalah Saluran Pemasaan I kemudian tidak adanya konflik antar lembaga. Sistem pemasaran bawang merah menunjukkan hasil efisien.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33096/wiratani.v1i2.23
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 WIRATANI
___________________________________________________________
Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis
ISSN 2614-5928
Published by Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0