PENGARUH PELAYANAN, HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN CREPES CAKE (Studi Kasus pada Mille Crepes Cake Makassar)

Alwaqiah Yahya, Ida Rosada, Farizah Dhaifina Amran, Rasmeidah Rasyid

Abstract


Perkembangan dunia usaha yang semakin meningkat mengakibatkan adanya persaingan yang semakin tinggi, menuntut setiap perusahaan untuk memperhatikan keinginan serta memenuhi harapan konsumen. Terdapat hal yang lebih penting dari itu yaitu untuk senantiasa berusaha sebaik-baiknya dalam mempertahankan dan membina hubungan jangka panjang dengan konsumen yang sudah ada. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan karakteristik pelanggan produk crepes cake pada Mille Crepes Cake Makassar, mendiskripsikan jenis rasa (varian rasa) dan harga produk crepes cake pada Mille Crepes Cake Makassar, serta menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, harga, promosi dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada Mille Crepes Cake Makassar. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 96 orang responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, kuantitatif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa karakteristik pelanggan Mille Crepes Cake Makassar adalah pelanggan dengan rata-rata umur 23 tahun, tingkat pendidikan rata-rata perguruan tinggi, pekerjaan rata-rata Mahasiswa/pelajar, jenis kelamin umumnya perempuan,  tingkat pendapatan rata-rata Rp <1.000.000. Jenis rasa (varian rasa) yang ditawarkan oleh usaha Mille Crepes Cake Makassar sebanyak 12 rasa, yaitu tiramisu, nutella, milo, lotus, ovomaltine, cheese, red velvet, oreo, greentea, salted caramel, thai tea dan strawberry cheese dengan harga dari Rp. 25.000–Rp. 290.000. Crepes Cake yang ditawarkan dalam bentuk slice, small, medium dan large size. Kualitas dan promosi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Mille Crepes Cake Makassar.


Keywords


Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, Kualitas Produk, Loyalitas Pelanggan Crepes Cake.

References


Akbar, R. S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Loyalitas Konsumen GO-JEK (Studi Kasus Pada Konsumen Go-jek Indonesia) [Disertasi]. Jakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

Algifari. (2013). Statistika Deskiptif Plus Edisi revisi Cetakan kedua. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Assauri, Sofjan. (2016). Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Azizah, AD. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan Skincare MS Glow di Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk. Jurnal Manajemen Dinamis, Vol. 1 No.1, Mei 2023, 17-26. https://doi.org./10.59330/jmd.v1i1.8.

Hui, Y.H. (2006). Handbook of Food Science, Technology, and, Engineering Edisi ke Satu. CRC Press, USA.

Khoirulloh. (2018). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan di Mediasi Kepuasan Pelanggan. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora, 1 (2) : 399–415.

Kotler, P dan Amstrong, G. (2013). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12. Jakarta : Erlangga.

Kotler, P dan Kevin LK. (2016). Marketing Managemen, 15th Edition. Jakarta : Pearson Education, Inc.

Lupiyoadi, (2006). Manajemen Pemasaran Jasa Edisi ke Dua. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Permono, V. R., Pasharibu, Y., Ekonomika, F., Satya, K., & Salatiga, W. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pizza Hut. JIMEK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 4 (1) : 129-135.

Rahayu, S dan Syafe'i, D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 5 (2) : 2192-2207. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.808.

Robby, (2017). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan Jasa Pengiriman Jalur Darat [tesis]. Yogyakarta: Program Pascarsarjana, Universitas Negeri Yogyakarta.

Suharyadi dan Purwanto. (2011). Statistika untuk Ekonomi dan Keuangan Modern Edisi 2. Jakarta : Salemba Empat.

Tendatio, J., Siagian, H., & Lubis, T. W. H. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi dan Customer Experience terhadap Loyalitas Pengguna ShopeeFood. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 13 (1) : 19-32.

Wulandari, A. T. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Konsumen pada Usaha Petik Apel Mandiri di Kecamatan Bumiaji Malang [disertasi]. Surabaya: UPN Veteran Jawa Timur.




DOI: https://doi.org/10.33096/wiratani.v7i1.265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Alwaqiah Yahya

 ___________________________________________________________
Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis
ISSN 2614-5928
Published by Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0