RISIKO DAN MITIGASI RISIKO PADA PRODUKSI SUSU KAMBING PERAH (Studi Kasus Pada PT. Wahyu Farm)

Rifky Maulana, Viola Khairunnisa, Rizkya Mayla, Aqilqia Rahmani

Abstract


Resiko merupakan kejadian yang kemungkinan terjadi dan dapat menimbulkan kerugian. Susu kambing memiliki kandungan laktosa lebih rendah di banding susu sapi sehingga lebih mudah dicerna. Sebagai salah satu peternakan yang menjual susu kambing murni, Wahyu Farm juga dihadapkan dengan beragam kemungkinan merugikan yang dapat mempengaruhi pendapatannya. Kemampuan Wahyu Farm memenuhi permintaan pasar sangat dipengaruhi oleh banyaknya jumlah susu yang dapat diproduksi, hal ini sangat bergantung pada proses produksinya. Oleh karena, itu penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi agen risiko produksi yang ada di Peternakan Wahyu Farm serta menganalisis mitigasi yang relevan diterapkan. Metode HOR Fase 1 dan 2 digunakan untuk menganalisis dan memetakan tingkat keparahan risiko serta strategi mitigasi yang menjadi prioritas. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara menggunakan kuesioner bersama pemilik peternakan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat sebanyak 22 agen risiko dengan 9 kejadian risiko diantaranya modal yang naik, kambing yang sakit, kambing mati, kambing hilang, ambing susu kambing yang bengkak, lecet dan kotor, kambing terserang mastitis dan susu kambing basi. Berdasarkan 22 agen risiko tersebut terdapat 10 agen risiko yang dominan terjadi dengan 9 prioritas strategi diantaranya rutin melakukan sanitasi kandang dan menerapkan SOP pemerahan susu (PA2), melakukan pembersihan area kandang secara menyeluruh (PA3), melakukan pembersihan ambing kambing sebelum melakukan pemerahan dengan air hangat (PA8), melakukan pelatihan dan penerapan SOP (PA7), memastikan persediaan obat tersedia (PA6), membuat SOP mengenai takaran pemberian pakan (PA1), membuat jadwal pengecekkan kesehatan kambing (PA5), melakukan karantina bagi kambing yang sakit (PA4), dan menetapkan suhu yang optimal (PA9).


Keywords


Susu kambing; risiko; produksi; house of risk

References


Adhini, Z. A. (2023). Mana yang Lebih Sehat, Minum Susu Kambing atau Susu Sapi. https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/beda-susu-sapi-atau-susu-kambing/. [25 Oktober 2023]

Annisa, A. S. (2017). Analisis Risiko Produksi Susu Kambing di CV Sawangan Farm Dairy. [skripsi]. Jakarta: Program Studi Agribisnis, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hamzah, B., Yuliati, K., dan Rosidah, U. (2022). Kajian-Kajian Pengolahan Susu dan Kualitasnya yang Berasal Dari Hewan Ruminan (Kerbau, Sapi, Kambing, dan Unta). [skripsi]. Palembang : Universitas Sriwijawa.

Hidayatusibyan. (2018). Penerapan Metode House Of Risk (Hor) pada Pengelolaan Risiko Rantai Pasok Perusahaan Furniture Di PT. Cahaya Bintang Olympic. [tesis]. Jawa Timur: Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Gresik.

Huwaida, S., Muhtarudin, A. Qisthon, dan Liman. (2022). Kualitas Fisik Susu Kambing Perah yang Disuplementasi dengan Soybean Meal (SBM). Jurnal Riset dan Inovasi Peternakan, 6 (2) : 158-163.

Ismail, M., Cahyadi, E. R., & Hardjomidjojo, H. (2019). Manajemen Risiko Penyakit Unggas pada Peternak dan Pedagang Ayam Broiler di Jawa Barat. Manajemen IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 14(1) : 44-53.

Kho, Budi. (2017). Pengertian Diagram Pareto dan Cara Membuatnya. Ilmu Manajemen Industri. https://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-diagram-pareto-dan-cara-membuatnya/. [23 Oktober 2023].

Larasati, M. (2020). Analisis Risiko Produksi Susu Sapi Perah di Kelompok Tani Ternak Pangudi Mulyo Kecamatan Gunungpati Semarang. [skripsi]. Semarang: Program Studi S1 Agribisnis, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro.

Larasati, M., Roessali, W., & Setiadi, A. (2021). Risk Analysis of Dairy Cow Milk Production. SOCA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 15 (1) : 1-15.

Lukyani, L. (2021). Perbandingan Nutrisi Susu Kambing, Susu Sapi dan Susu Nabati. https://www.kompas.com/sains/read/2021/06/04/173000623/perbandingan-nutrisi-susu-kambing-susu-sapi-dan-susu-nabati?page=all&_gl=1*ttt944*_ga*MjA3MTY1OTkzNC4xNjg0Njc3NTAx*_ga_77DJNQ0227*MTcwMjczNjg0NS4xLjEuMTcwMjczNzU3OC4wLjAuMA..#page2. [25 Oktober 2023]

Pujawan, I. N., & Geraldin, L. H. (2009). House of Risk: A Model for Proactive Supply Chain Risk Management. Business Process Management Journal, 15 (6).

Rizqiah, E. (2017). Manajemen Risiko Supply Chain dengan Mempertimbangkan Kepentingan Stakeholder pada Industri Gula. [tesis]. Surabaya: Program Magister Teknik Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.




DOI: https://doi.org/10.33096/wiratani.v7i1.294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rifky Maulana, Viola Khairunnisa, Rizkya Mayla, Aqilqia Rahmani

 ___________________________________________________________
Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis
ISSN 2614-5928
Published by Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0