STRUKTUR DAN KINERJA PASAR KOMODITAS CENGKEH DI KECAMATAN CINA KABUPATEN BONE
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anggrasari, H., & Mulyo, J. H. (2022). Tingkat kemiripan dan kompetisi struktur ekspor komoditas rempah-rempah Indonesia di Pasar Internasional. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 19(1), 11-20.
Badan Pusat Statistik (BPS). (2022), Luas Lahan Pertanian Cengkeh Kabupaten Bone. Badan Pusat Statistik.
Daynasari, R.A dan Underwaad, A.L. (2010). Analisis Pemasaran Kuantitatif. Edisi ke dua. Jakarta: Erlangga.
Dewi, S. K. S., Antara, M., & Arisena, G. M. K. (2021). Pemasaran Cengkeh di Desa Penyaringan Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali, Indonesia. Agro Bali: Agricultural Journal, 4(2), 246-259.
Hasibuan, N. (1994). Ancaman Kerapuhan Struktur Industri Pengolahan di Indonesia. Jurnal Kelola, No. 6/II/94, hlm. 76-94.
Hendra, Heru Agus Dan Agus Andoko. (2013). Bertanam Sayuran Hidroponik Ala Paktani Hidrofram. Jakarta : Agromedia Press.
Heru. (2006). Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Kemanusiaan dan Budaya. Jakarta.
Juangsana. (2013). Statistik Perkebunan Indonesia Komoditas Cengkeh. Jakarta: Sekretariat Direktorat Jenderal Perkebunan.
Lastianiti S. (2015). Budidaya dan Penanganan Pascapanen Cengkeh. Edisi Revisi. Jakarta: Penebar Swadaya.
M Rato, E. S. (2021). Analisis Struktur, Perilaku Dan Penampilan Pasar Komoditas Cengkeh (Syzygium aromaticum) Di Kelurahan Kalaodi Kecamatan Tidore Timur Kota Tidore Kepulauan [Doctoral dissertation]. Ternate: Program Pascasarjana, Universitas Khairun.
Nazir M. (2005). Metodologi Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nur, M. I., Rosada, I., & Salim, M. (2018). Analisis Sistem Pemasaran Cengkeh (Studi Kasus di Desa Pattallassang, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng). Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis, 1(2).
Pusdatin [Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian]. (2014). Outlook Komoditi Cengkeh. Jakarta: Kementerian Pertanian.
Rauf, S., Halid, A., & Boekoesoe, Y. (2023). Analisis Rantai Pemasaran Komoditas Cengkeh Di Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo. AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis, 7(2), 146-153.
Saifuddin. (2002). Riset Pemasaran, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.
Samsuddin. (2010). Prinsip Dasar Manajement Pemasaran : Teori dan Aplikasinya. Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Soekartawi. (1991). Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran Hasil-Hasil Pertanian Teori dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Suaib, T., Saleh, Y., & Murtisari, A. (2018). Analisis Pemasaran Komoditas Cengkeh Di Desa Taludaa Kecamatan Bone Kabupaten Bone Bolango. AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis, 2(2), 145-153.
Sutrisno, Hadi., Suryabrata dan Trianto. (2015). Metodologi Rised. Jogyakarta: Pustaka Pelajar.
Teguh dan Roslindah. (2016). Efisiensi Pemasaran Sayuran di Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan [Tesis]. Denpasar: Program Studi Magister Agribisnis Program Pascasarjana Universitas Udayana.
Widiastuti. (2013). Manajemen Pemasaran : Sari Kuliah, Cetakan I, Satu Nusa, Bandung.
Wulandari, F. (2007). Struktur dan Kinerja Industri Kertas dan Pulp di Indonesia: Sebelum dan Pascakrisis. Jurnal Ekonomi Pembangunan, Vol. 8 No. 2, pp. 209-222.
DOI: https://doi.org/10.33096/wiratani.v6i2.304
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Asriani Asriani, Iskandar Hasan, Tsalis Kurniawan Husain
___________________________________________________________
Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis
ISSN 2614-5928
Published by Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0