STRUKTUR DAN KINERJA PASAR KOMODITAS CENGKEH DI KECAMATAN CINA KABUPATEN BONE

Asriani Asriani, Iskandar Hasan, Tsalis Kurniawan Husain, Andi Azrarul Amri

Abstract


Komoditas perkebunan cengkeh turut menyumbang peranan yang berarti bagi pembangunan pertanian di Indonesia. Cengkeh adalah tanaman asli Indonesia, banyak digunakan sebagai bumbu masakan dan sebagai bahan utama rokok kretek khas Indonesia hingga dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan tradisional. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan struktur pasar komoditas cengkeh di Desa Arasoe, Kecamatan Cina, Kabupate           n Bone. (2) Menganalisis kinerja pemasaran komoditas cengkeh di Desa Arasoe, Kecamatan Cina, Kabupaten Bone. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Struktur pasar di Desa Arasoe, Kecamatan Cina, Kabupaten Bone yaitu dilihat dari lembaga-lembaga pemasaran yang terlibat dalam pemasaran yaitu petani cengkeh, pedagang pengumpul dan pedagang besar. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Arasoe, Kecamatan Cina, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Pemilihan lokasi ini dilakukan secara purpossive sampling (secara sengaja), dengan pertimbangan bahwa Desa Arasoe merupakan wilayah yang memiliki banyak petani cengkeh. Adapun waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai Maret 2023. Hasil analisis dari penelitian ini struktur pasar di Desa Arasoe, Kecamatan Cina, Kabupaten Bone yaitu dilihat dari lembaga-lembaga pemasaran yang terlibat dalam pemasaran yaitu petani cengkeh, pedagang pengumpul dan pedagang besar. Hasil analisis dari penelitian ini struktur pasar yang terjadi yaitu oligopoli dimana nilai pangsa pasar dari CR4 sebesar 70,05%. Kinerja pasar komoditas cengkeh yang diperoleh dari hasil analisis marjin pemasaran, Farmer’s Share dan efisiensi pemasaran di Desa Arasoe, Kecamatan Cina, Kabupaten Bone menggunakan satu saluran pemasaran memperoleh hasil 0,30% yang artinya efisien.

Keywords


Struktur; Marjin; Farmer’s Share; Kinerja

References


Anggrasari, H., & Mulyo, J. H. (2022). Tingkat kemiripan dan kompetisi struktur ekspor komoditas rempah-rempah Indonesia di Pasar Internasional. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 19(1), 11-20.

Badan Pusat Statistik (BPS). (2022), Luas Lahan Pertanian Cengkeh Kabupaten Bone. Badan Pusat Statistik.

Daynasari, R.A dan Underwaad, A.L. (2010). Analisis Pemasaran Kuantitatif. Edisi ke dua. Jakarta: Erlangga.

Dewi, S. K. S., Antara, M., & Arisena, G. M. K. (2021). Pemasaran Cengkeh di Desa Penyaringan Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali, Indonesia. Agro Bali: Agricultural Journal, 4(2), 246-259.

Hasibuan, N. (1994). Ancaman Kerapuhan Struktur Industri Pengolahan di Indonesia. Jurnal Kelola, No. 6/II/94, hlm. 76-94.

Hendra, Heru Agus Dan Agus Andoko. (2013). Bertanam Sayuran Hidroponik Ala Paktani Hidrofram. Jakarta : Agromedia Press.

Heru. (2006). Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Kemanusiaan dan Budaya. Jakarta.

Juangsana. (2013). Statistik Perkebunan Indonesia Komoditas Cengkeh. Jakarta: Sekretariat Direktorat Jenderal Perkebunan.

Lastianiti S. (2015). Budidaya dan Penanganan Pascapanen Cengkeh. Edisi Revisi. Jakarta: Penebar Swadaya.

M Rato, E. S. (2021). Analisis Struktur, Perilaku Dan Penampilan Pasar Komoditas Cengkeh (Syzygium aromaticum) Di Kelurahan Kalaodi Kecamatan Tidore Timur Kota Tidore Kepulauan [Doctoral dissertation]. Ternate: Program Pascasarjana, Universitas Khairun.

Nazir M. (2005). Metodologi Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nur, M. I., Rosada, I., & Salim, M. (2018). Analisis Sistem Pemasaran Cengkeh (Studi Kasus di Desa Pattallassang, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng). Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis, 1(2).

Pusdatin [Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian]. (2014). Outlook Komoditi Cengkeh. Jakarta: Kementerian Pertanian.

Rauf, S., Halid, A., & Boekoesoe, Y. (2023). Analisis Rantai Pemasaran Komoditas Cengkeh Di Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo. AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis, 7(2), 146-153.

Saifuddin. (2002). Riset Pemasaran, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.

Samsuddin. (2010). Prinsip Dasar Manajement Pemasaran : Teori dan Aplikasinya. Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Soekartawi. (1991). Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran Hasil-Hasil Pertanian Teori dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suaib, T., Saleh, Y., & Murtisari, A. (2018). Analisis Pemasaran Komoditas Cengkeh Di Desa Taludaa Kecamatan Bone Kabupaten Bone Bolango. AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis, 2(2), 145-153.

Sutrisno, Hadi., Suryabrata dan Trianto. (2015). Metodologi Rised. Jogyakarta: Pustaka Pelajar.

Teguh dan Roslindah. (2016). Efisiensi Pemasaran Sayuran di Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan [Tesis]. Denpasar: Program Studi Magister Agribisnis Program Pascasarjana Universitas Udayana.

Widiastuti. (2013). Manajemen Pemasaran : Sari Kuliah, Cetakan I, Satu Nusa, Bandung.

Wulandari, F. (2007). Struktur dan Kinerja Industri Kertas dan Pulp di Indonesia: Sebelum dan Pascakrisis. Jurnal Ekonomi Pembangunan, Vol. 8 No. 2, pp. 209-222.




DOI: https://doi.org/10.33096/wiratani.v6i2.304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Asriani Asriani, Iskandar Hasan, Tsalis Kurniawan Husain

 ___________________________________________________________
Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis
ISSN 2614-5928
Published by Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0