PENGARUH DIVERSIFIKASI PRODUK TERHADAP VOLUME PENJUALAN KUE BROWNIES PISANG DI KOTA MAKASSAR (Studi Kasus pada Browcyl Cabang Perintis Kemerdekaan)

Fitri Y Fitri Y, Sitti Rahbiah, Farizah Dhaifina Amran, Rismaladewi Maskar

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu, 1) Mendeskripsikan perkembangan diversifikasi produk brownies, 2) Mendeskripsikan jenis, harga dan volume penjualan brownies. 3) Mendeskripsikan diversifikasi produk (ukuran, harga dan varian produk) terhadap volume penjualan. 4) Menganalisis pengaruh diversifikasi produk brownies terhadap volume penjualan Browcyl Cabang Perintis Kemerdekaan, Kota Makassar. Penelitian ini dilakukan di Browcyl Cabang Perintis Kemerdekaan, Kota Makassar selama 2 (dua) bulan yaitu dari Bulan September - November 2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli brownies pada Browcyl cabang Perintis Kemerdekaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive sampling dimana peneliti menyebar kuesioner kepada setiap konsumen yang berkunjung ke Browyl selama penelitian sebanyak 30 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Perkembangan diversifikasi produk kue brownies pada usaha Browcyl yang awalnya disebut dengan “unti original” kemudian didiverisifikasi menjadi unti choco almond, unti pandan, unti keju, unti tiramisu, unti cheesecream, unti flacoklat, dan unti moccaramel. 2) Jenis varian produk brownies pisang Browcyl terdiri dari 8 varian diantaranya adalah unti original, unti choco almond, unti pandan, unti keju, unti tiramisu, unti cheesecream, unti flacoklat, dan unti moccaramel. Harga brownies pisang Browcyl berkisar antara Rp. 50.000 – Rp. 68.000. Total volume penjualan selama bulan Juli – November 2022 sebanyak 2.466 pieces. 3)  Rata-rata responden menjawab setuju terhadap ukuran, harga dan varian produk untuk meningkatkan volume penjualan kue browvnies pisang Browcyl. 4) Diversifikasi varian dan ukuran produk, harga, dan varian produk berpengaruh sangat signifikan terhadap volume penjualan baik secara simultan maupun parsial.

Keywords


Diversifikasi; Volume Penjualan; Brownies Browcyl

References


Adlina, Hafiza. (2014). Pengaruh Variasi Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Toko Snugstore Medan. Jurnal Of Management Studies 9(2). 1-10.

Amyulianthy, R., & Sari, N. (2016). Pengaruh diversifikasi terhadap kinerja perusahaan. Binus Business Review, 4(1), 215-230.

Aridaini, D., Ruaida, R., & Irsyadillah, I. (2022). Pengaruh Diversifikasi Produk Terhadap Volume Penjualan Pada Pedagang Rotan Di Lhoknga Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, 4(1), 5-8.

Damayanti, L., & Sulaeman, S. (2017). Analisis Pendapatan dan Kelayakan Usahatani Jagung di Desa Oloboju Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. Agroland: Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian, 24(3), 222-227.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Terjemahan oleh Alexander Sindoro. Jilid I. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Mutmainah, Z. (2022). Analisis Strategi Diversifikasi Produk dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Mia Snack & Catering (Studi Kasus pada Usaha Mikro Kecil Menengah Mia Snack & Catering Kec. Geneng, Kab. Ngawi, Prov. Jawa Timur). [Skripsi]. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Koperasi Indonesia.

Nuryanti, D. (2021). Analisis Strategi Diversifikasi Varian Rasa Produk Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Studi Kasus pada UD Sirup Cap Manggis Al Qudsy Ngembal Kulon Kudus. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 10(2), 124-142.

Sidiq, Umar, Miftachul Choiri dan Anwar Mujahidin. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.

Sihaloho, M., Purwandari, H., & Ita, D. (2017). Reforma agraria dan revitalisasi pertanian di Indonesia: studi kasus pertanian tanaman pangan dan hortikultura di Jawa Barat. Sodality: Jurnal Sosiologi Pedesaan, 4(1).

Sumartini, L. C., & Tias, D. F. A. (2019). Analisis Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Kedai Kopi Kala Senja. Jurnal E-bis, 3(2), 111-118.

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33096/wiratani.v6i2.310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fitri Y Fitri Y, Sitti Rahbiah, Farizah Dhaifina Amran

 ___________________________________________________________
Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis
ISSN 2614-5928
Published by Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0