KONSEP 4P SEBAGAI STRATEGI RUMAH MAKAN CAHAYA MINANG DALAM MEMPERTAHANKAN USAHANYA (Studi Kasus pada Kampung Hambulu Kabupaten Bogor)

niluth niluth

Abstract


Persaingan merupakan hal yang lazim ada di setiap bisnis yang dilakukan. Rumah Makan Cahaya Minang juga mempunyai pesaing yang sesuai dengan bidangnya. Rumah Makan Cahaya Minang membutuhkan beberapa strategi agar tetap bisa bersaing dengan rumah makan lain dengan menerapkan pedoman-pedoman persaingan secara sehat. Seiring dengan pesatnya pertumbuhan pertambahan jumlah penduduk  maka pemenuhan kebutuhan pangan semakin bertambah. Hal tersebut membuka peluang para pelaku usaha untuk membuka rumah makan. Dari tahun ke tahun pelaku usaha untuk membuka rumah makan semakin bertambah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Marketing Mix Menggunakan Konsep 4p (Price, Product, Place, Promotion) Pada Rumah Makan Cahaya Minang. Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan wawancara kepada pemilik atau pengelola dari Rumah makan cahaya minang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, menghasilkan kesimpulan bahwa Rumah makan cahaya minang sudah menggunakan strategi marketing mix dalam perusahaan. Konsep 4p yang digunakan seperti: 1. Produk yaitu dengan memperhatikan kualitas produk yang baik, kebersihan produk, dan cita rasa yang enak akan membuat produk semakin menarik dan menambah minat beli konsumen. 2. Harga yang dapat dijangkau oleh pelanggaran agar produknya dapat dinikmati oleh semua kalangan manapun. 3. Tempat yaitu dengan memilih lokasi sangat strategi yang dimana banyak orang melintas dan bisa memudahkan pelanggan untuk datang membeli produk rumah makan cahaya minang. 4. Promosi dalam rumah makan cahaya minang melalui media sosial seperti whatsApp, facebook dan juga pemasaran langsung. Dari permasalahan tersebut analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threats) dan strategi 4P (Product, Price, Place, Promotion), hal ini penting dalam rangka. Merumuskan rencana pengelolaan strategis yang akan dilaksanakan oleh rumah makan cahaya minang. Implementasi startegi pemasaran berupa rumah makan yang memanfaatkan kualitas produk sesuai dengan 4p. Pengaruh promosi dan harga terhadap peningkatan penjualan yaitu sangat berpengaruh. Dapat dilihat dari hasil perhitungan 4p yaitu pengaruh promosi (gencar dalam melakukan promosi dan pemasaran) dan harga (produk terjangkau bagi konsumen di segala kalangan) terhadap penjualan.

 

Kata Kunci: Strategi Pengembangan; Konsep 4p; Analisis SOWT 


Full Text:

PDF

References


Burhanuddin, N. H. (2018). Strategi Pemasaran Makanan Khas Tradisional di Kecamatan Wotu. Jurnal of Islamic Management and Bussines, 1 (2) : 20–32.

Egim, A. S, & Nenengsih (2019). Strategi Pengembangan İndustri Makanan Khas Daerah di Kota Padang dengan Pengemasan dan Pemasaran Berbasis Teknologi. Jurnal Menara Ekonomi: Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi, 5 (3) : 21-34.

Mardatillah, A & Rosmayani. (2023). Keunggulan Bersaing Pada Usaha Rumah Makan Padang di Pekanbaru Berbasiskan Kearifan Lokal. Dinamika Lingkungan Indonesia, 10 (2) : 111-119. https://dli.ejournal.unri.ac.id/index.php/DL.

Nainggolan, H.Y. & Malik, A. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah Rumah Makan Padang di Desa Patumbak Kampung Kecamatan Patumbak

Sumatera Utara. Jurnal Bisnis Manajemen dan Akuntansi, 9 (1) : 1-8. https://doi.org/10.54131/jbma.v9i1.131.

Pratama, M. D. H., Al Kautsar, K., Hidayat, R., Melistiana, V., dan Puspa, T. (2023). Analisis Bisnis Strategi Nasi Padang 99. Jurnal Ekonomi Trisakti, 3 (1) : 601-610. http://dx.doi.org/10.25105/jet.v3i1.15519.

Rizkia, A. A., & Rahmawati, S. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Anti Monopoli dan Persaiangan Bisnis Tidak Sehat : Globalisasi Ekonomi, Persaıngan Usaha, dan Pelaku Usaha. Jurnal Manajemen Ilmu Terapan, 2 (5) : 631–643.

Rosmidah, EYA., Setiawan E., Damianus, S., dan Septyanto, D. (2022). Analisis Manajemen Strategi di Goresan Coffe. Jurnal Ekonomi Trisakti 2 (2) Oktober 2022 : 2011-2018. https://doi.org/10.25105/jet.v2i2.15020

Shallom, R. F. (2022). Strategı Pengembangan Bısnıs Warung Makan Padang Pojok Pleburan Berdasarkan Analısıs SWOT [skripsi]. Semarang : Universitas Katolik Soegijapranata.

Sofjan, A. (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Supriyadi, E. A., Supartono, W., Supriyadi, E. A., Supartono, W. (2020). Pengembangan Strategi Bisnis Restoran Segmen Atas di Yogyakarta dengan Pendekatan Critical Success Factors. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 2020 (3) : 265–270.

Torsina, M. (2000). Usaha Restoran yang Sukses. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Wati, R. (2019). Perbedaan Persepsi Konsumen Terhadap Rumah Makan Padang di Kecamatan Seberang Ulu I (Studi Kasus Rumah Makan Pagi Sore, Sederhana, Palapa Raya) [skripsi]. Palembang : Universitas Muhammadiyah.




DOI: https://doi.org/10.33096/wiratani.v7i1.316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 niluth niluth

 ___________________________________________________________
Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis
ISSN 2614-5928
Published by Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0