PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI REPUBLIK DI KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Fitri Fitri, Widya Astuti, Muhammad Arhim, Rizky Ariesty Fachrysa Halik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas dan harga terhadap keputusan pembelian kopi republik. Penelitian ini dirancang menggunakan metode kuantitatif, instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini analisis regresi berganda. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di cafe republik di Kelurahan Manding, Kecamatan Polewali, Kabupaten Polewali Mandar. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua konsumen kopi republik dengan jumlah populasi tidak diketahui. Maka dalam penentuan sampel penelitian ini digunakan rumus lemeshow. Jumlah responden yang diperoleh sebesar 35. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa. Kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas dan harga secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.


References


Anggraeni, A. R., & Soliha, E. (2020). Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang). Jurnal Al Tijarah, 6(3), 96–107.

Badan Pusat Statistik. (2021). Provinsi Sulawesi Barat Produksi Dan Produktivitas. Sulbar.go.id [20 janauri 2023].

Desy, & Rahmat. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Pembelian Konsumen (Studi Kasus pada Alfamart di Kota Medan. Prosiding Seminar Internasional Vokasi 1.

Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17. https://doi.org/10.20527/jwm.v7i1.173

Haque. M.G. 2020. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Berlian Multitama Di Jakarta. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis (E-MABIS). Vol 21 (1) : 31-38

Herlambang, E.D.P. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, “C Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Surya Coffe di Kota 101 P ). Skripsi. Semarang: Universitas Semarang.

Hidayatulloh, F.S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Suryamas Sport Ponorogo. Skiripsi. Ponorogo : IAIAN Ponorogo

Marbun, I. I,. Ginting, R,. & Emalisa. 2014. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Kopi Luwak Bermerek di Kota Medan. Journal of Agriculture and Aribusiness Socieoeconomic, 3(6):1-14.

Muhammad Faris 2018 Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Instan Di Luwes Grup Kota Surakarta. Skripsi SI Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta

Saputra, D.E., Dolorosa E, Aritonang M. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Kopi Lada Hitam Terhadap Keputusan Pembelian Serta Dampaknya Pada Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA). Volume 5 No 3 : 892-905. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.03.26




DOI: https://doi.org/10.33096/wiratani.v7i1.341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fitri Fitri, Widya Astuti, Muhammad Arhim, Rizky Ariesty Fachrysa Halik

 ___________________________________________________________
Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis
ISSN 2614-5928
Published by Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0