EFEKTIVITAS PEMASARAN PRODUK COKELAT MAKALATE MELALUI SMS BROADCAST (Studi Kasus pada CV. Kasih dan Sayang)

Tsalis Kurniawan Husain, Farizah Dhaifina Amran

Abstract


CV. Kasih dan Sayang merupakan produsen cokelat makalate yang berpusat di Makassar.  Perusahaan tidak pernah mengukur sejauh mana kegiatan pemasarannya berdampak pada penjualan dan dianggap efektif untuk menarik konsumen.  Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas pemasaran produk cokelat makalate melalui SMS broadcast dengan pendekatan Customer Respon Index (CRI) dan Return On Marketing Investment  (ROMI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah CRI dan ROMI.  Kedua metode ini untuk mengukur tingkat efektivitas suatu iklan/program pemasaran dari sisi respon audiens dan penggunaan investasi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan perhitungan CRI, iklan SMS broadcast cokelat makalate efektif hanya sampai pada tahapan intentions (niat untuk membeli), namun tidak efektif untuk tahapan membeli produk cokelat makalate.  Perhitungan ROMI juga menunjukkan bahwa iklan SMS broadcast cokelat makalate tidak efektif dari segi investasi pemasaran karena nilai Hurdle Rate lebih besar dari perhitungan ROMI.




DOI: https://doi.org/10.33096/wiratani.v2i1.35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 WIRATANI

 ___________________________________________________________
Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis
ISSN 2614-5928
Published by Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0