PENGARUH STRATEGI PEMASARAN BERBASIS ICT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK OLAHAN PISANG

Ririn Ainin Nisa Nurdin, Sitti Rahbiah, St. Sabahannur

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis produk, harga dan volume penjualan pada Big Bananas dan Pisang Goreng Gepeng, menganalisis kategori dan pengaruh strategi pemasaran dan keputusan pembelian yang diterapkan, mengidentifikasi faktor internal dan eksternal, menganalisis rumusan strategi pengembangan pemasaran berbasis ICT. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-Juli 2024. Hasil penelitian menunjukkan jenis produk usaha Big Bananas yaitu banana bites, banana roll dan pisang goreng wijen. Harga masing-masing produk sebesar Rp25.000. Total volume penjualan 1.990 box/bulan, dengan range harga dari Rp15.000-Rp28.000 dan total volume penjualan 1.315 box/bulan. Analisis kategori strategi pemasaran berbasis ICT E-Commerce masuk dalam kategori tinggi. Kategori E-Payment, berada pada kategori tinggi. Keputusan pembelian pada kedua usaha masuk dalam kategori tinggi. Strategi pemasaran berbasis ICT berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada kedua usaha ini. Faktor internal pada kedua usaha ini yaitu ketersediaan bahan baku yang mudah didapat, banyak varian rasa, proses produksi mudah, harga bahan terjangkau, mudah diproduksi, dan dapat dikonsumsi semua kalangan. Namun, produk yang dihasilkan mudah ditiru, keawetan yang terbatas, bahan baku mudah busuk, produk tidak tahan lama dan persaingan yang tinggi. Sedangkan faktor eksternalnya yaitu tingginya minat konsumen, inovasi rasa, memiliki banyak peminat, media sosial sebagai media promosi, peluang pemasaran melalui event kuliner, harga bahan baku tidak stabil, ketergantungan pada satu sumber daya, dan perubahan dalam perilaku konsumen serta peniruan produk oleh pesaing. Rumusan strategi pengembangan pemasaran berbasis ICT pada kuadran 1 yaitu mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif, sehingga sangat dimungkinkan untuk terus melakukan ekspansi, memperbesar pertumbuhan dan memaksimalkan keuntungan atau menggunakan strategi Strength–Opportunities.

Keywords


Strategi Pengembangan; Pemasaran; Information Communication and Technology (ICT); Keputusan pembelian; Analisis SWOT

References


Alma, B. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta.

Giovani, R. (2022). Pengaruh Social Media Marketing dan Influencer Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cafe Pitstop Gresik Undergraduate. [Thesis UPN Veteran Jawa Timur].

Gunawan, B., Shaleh, M., Anbar, N., & Sanjaya, R. (2020). Strategi Pengembangan Teknologi E-Commerce UMKM Rumah Sayur Lembang Menggunakan Metode Analisis SWOT. Jurnal Teknologi Dan Open Source. Vol.3 No.2, Juni 2020. Hal. 1–13.

Lestari, N., & Patrikha, F. D. (2022). Pengaruh Harga dan Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Wanita Di Online Marketplace (Studi Kasus Pada Konsumen Di Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), 1635–1642.

Puspitasari, A. W., & Oktafia, R. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Syariah Untuk Peningkatan Pangsa Pasar Produk Jelly Motif Pada Ud. Sumber Abadi Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, 11(2), 140.

Rumengan, N., Soegoto, A. S., & Tawas, H. N. (2023). Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Amanah PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Istiqlal Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(02), 546–560.

Simatupang, S., Grace, E., Nainggolan, C. D., Ervina, N., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Agung, S. (2024). Pembayaran E-Payment Serta Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce. Journal Of Innovation Research And Knowledge, 4(1), 33–44.

Utama, A. A., & Komalasari, E. (2023). Pengaruh E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Produk Keripik Emak CW di Kota Pekanbaru. JIABIS: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Dan Sosial, 1(1), 26–39.

Winasis, C. L. R., Widianti, H. S., & Hadibrata, B. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian: Harga, Promosi Dan Kualitas Produk (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(4), 452–462.

Yustiani, R., & Yunanto, R. (2017). Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis di Era Teknologi Informasi. Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, 6(2), 43–48.




DOI: https://doi.org/10.33096/wiratani.v7i2.472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ririn Ainin Nisa Nurdin, Sitti Rahbiah, St. Sabahannur

 ___________________________________________________________
Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis
ISSN 2614-5928
Published by Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0