Cover Image

ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DONAT DI KOTA MAKASSAR

Andi Asjad Firjatullah, Sitti Rahbiah, Andi Maslia Tenrisau Adam

Abstract


Big Donat dan Happy Donat merupakan dua usaha kuliner lokal di Kota Makassar yang menyajikan produk donat dengan berbagai variasi atribut. Konsumen sebelum melakukan pembelian cenderung mempertimbangkan beberapa atribut produk seperti rasa, harga, topping, dan hal lainnya berdasarkan preferensi pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atribut preferensi konsumen pada Big Donat dan Happy Donat, menganalisis preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian, serta mengidentifikasi atribut yang paling dipertimbangkan konsumen dalam membeli donat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sebanyak 200 responden dipilih sebagai sampel, serta didukung oleh tiga informan kunci dari pihak usaha. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk menggambarkan kecenderungan atribut pilihan, dan analisis konjoin untuk mengukur nilai kegunaan (utility) dan kepentingan relatif dari masing-masing atribut produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen Big Donat paling menyukai topping cokelat, rasa manis sekali, dan harga Rp 25.000, sedangkan konsumen Happy Donat cenderung memilih topping oreo, daya tahan lebih dari dua hari, dan harga Rp 30.000. Atribut yang paling dipertimbangkan dalam keputusan pembelian adalah topping. Implikasi kebijakan dari penelitian ini menunjukkan pentingnya fokus inovasi pada topping donat, penyesuaian harga yang kompetitif, serta peningkatan kualitas daya tahan dan cita rasa, guna meningkatkan daya saing dan loyalitas konsumen di pasar lokal.


Keywords


Donat; Keputusan Pembelian; Preferensi Konsumen

References


Adriyan, F., Azzahra, F., & Mahatmayana, I. K. M. (2024). Analisis Preferensi Konsumen terhadap Produk Beras di Pasar Baru Cikarang Kabupaten Bekasi. Paspalum: Jurnal Ilmiah Pertanian, 12(2), 254–262.

Antika, M., & Putri, A. R. (2025). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Donat Madu pada Donat Madu Cihanjuang Cabang Rangkasbitung. Jurnal Akademik Ekonomi dan Manajemen, 2(1), 414–422.

https://doi.org/https://doi.org/10.61722/jaem.v2i1.4164

Anwar, A., & Supartiningsih, N. L. S. (2024). Analisis Konjoin untuk Mengukur Preferensi Konsumen Beras di Kecamatan Mataram. Jurnal Agribusiness Management & Extension (Agrimansion), 25(1), 37–49. https://doi.org/10.29303/agrimansion.v25i1.1621

Bratan, A. A. S., Taan, H., & Ismail, Y. L. (2023). Meningkatkan Retensi Pelanggan Paket Data Internet Telkomsel di Kota Gorontalo melalui Strategi Customer Relationship Management (CRM). Economics and Digital Business, 5(1), 47–56.

Cahyani, W. P. D. N., Arum, A. P., & Jubaedah, L. (2024). Preferensi Konsumen terhadap Pemilihan Produk Kosmetik Cushion X (Studi kasus Program Studi Kosmetika dan Perawatan Kecantikan Universitas Negeri Jakarta). Jurnal Adijaya Multidisiplin, 02(04).

Darmayani, N. M., & Praminatih, G. A. (2024). Pemanfaatan Ubi Ungu Dalam Pembuatan Donat sebagai Jajanan Berbasis Pangan Lokal. Jurnal Pariwisata dan Bisnis (PARIS), 03(2), 321–324.

Elisa, Adi Wibawa, G. N., Ruslan, & Budiman, H. (2025). Analisis Konjoin untuk Menentukan Preferensi Mahasiswa Matematika FMIPA Universitas Halu Oleo dalam Memilih Marketplace. Jurnal Matematika Komputasi dan Statistika, 4(3), 751–761. https://doi.org/10.33772/jmks.v4i3.110

Jakaria, R. B., Iswanto, Widodo, E., & Kusumawardani, P. A. (2024). Perspektif Desain Produk: Merancang Atribut (W. Sulistiowati (ed.)). UMSIDA Press.

Lubis, I., Sihite, A. . H., Sianturi, M., & Lubis, N. N. (2025). Pengaruh Kualitas dan Bahan Baku terhadap Tekstur dan Rasa Donat pada UMKM Donat di Desa Naga Timbul. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(2), 48–52.

Manalu, C. L. N., Hasibuan, M. R. F., Novia Christiani Tampubolon, & Lubis, P. K. D. (2024). Persepsi Konsumen Terhadap Kualitas Produk Dan Layanan Pada Donat Kentang Syifa Di Medan. Future Academia : The Journal of Multidisciplinary Research on Scientific and Advanced, 2(4), 724–731. https://doi.org/10.61579/future.v2i4.247

Marlin, F. S. D. Y., Abadi, E., & Ananda, S. H. (2024). Gambaran Sifat Sensori dan Nilai Gizi Donat dengan Penggunaan Berbagai Jenis Gula. Jurnal Gizi Ilmiah, 11(1), 28–34. https://doi.org/10.46233/jgi.v11i1.1172

Mongkarembo, M. F., Tulipa, D., & Laksmono, S. L. S. (2024). Analisis Preferensi Konsumen pada Produk Vandka : Full-Profile Conjoint Analysis. Journal of Entrepreneurial Studies, 1(2), 123–136.

Purnomo, T. D., & Krisprimandoyo, D. A. (2024). Produk Minuman Xenteur dengan Metode Conjoint (Studi pada Produk Merk Xenteur). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 8(3), 2319–2332.

Putra, A. E. S., & Sudiarta, I. N. (2023). Kualitas Donat Berbahan Dasar Tepung Terigu dengan Tambahan Tepung Wortel. Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis, 2(11), 2399–2403. https://doi.org/10.22334/paris.v2i11.606

Romdhoningsih, D., Dewi, N. I., Sukmawati, S., Mahpudoh, Bramastha, R., Paksi, D., Jannah, R. S., Wahyuningsih, Y., Rahmah, I., Roji, F., & Najmuddin, H. D. (2023). Inovasi Pembuatan Kue Donat Sebagai Camilan Sehat Guna Meningkatkan Nilai Jual Bagi Pelaku Umkm Di Kampung Ampel, Kelurahan Pengampelan, Kecamatan Walantaka. Community Development, 4(3), 6204–6210. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/18445

Sastrawan, N. I., Budastra, I. K., & Efendy, E. (2023). Analisis Preferensi Konsumen terhadap Atribut Buah Pisang Di Kota Mataram. Jurnal Agrimansion, 24(2), 467–476. https://doi.org/10.29303/agrimansion.v24i2.1460

Selamet, A. J., Budastra, I. K., & Efendy, E. (2023). Analisis Preferensi Konsumen terhadap Gula Semut Aren Di Pulau Lombok. Agroteksos, 33(2), 600. https://doi.org/10.29303/agroteksos.v33i2.872

Septian, M. D., & Leksono, A. B. (2023). Manajemen Branding. Universitas Brawijaya Press.

Subhaktiyasa, P. G. (2024). Menentukan Populasi dan Sampel: Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2721–2731. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2657

Trilaksono, A. I., & Prabowo, B. (2022). Analisis Pengaruh Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening: Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(1), 101–112. https://doi.org/10.47467/reslaj.v5i1.1262

Waruwu, M., Pu`at, S. N., Utami, P. R., Yanti, E., & Rusydiana, M. (2025). Metode Penelitian Kuantitatif: Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 917–932. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.3057

Widowati, S. (2023). Prospek Pemanfaatan Pangan Lokal dalam Rangka Meningkatkan Ketahanan Pangan. In S. Widowati & R. A. Nurfitriani (Eds.), Diversifikasi Pangan Lokal untuk Ketahanan Pangan: Perspektif Ekonomi, Sosial, dan Budaya. Penerbit BRIN. https://doi.org/10.55981/brin.918.c789




DOI: https://doi.org/10.33096/wiratani.v8i1.531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Andi Asjad Firjatullah, Sitti Rahbiah, Andi Maslia Tenrisau Adam

 ___________________________________________________________
Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis
ISSN 2614-5928
Published by Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0