STRATEGI BAURAN PEMASARAN BUAH-BUAHAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERILAKU KONSUMEN PADA TOKO BUAH

Hendra Sucipto, Nurliani Nurliani, Muhammad Salim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran buah-buahan pada toko buah di Kota Makassar, mengidentifikasi perilaku konsumen buah-buahan pada toko buah di Kota Makassar, menganalisis pengaruh strategi bauran pemasaran terhadap perilaku konsumen pada toko buah Kota Makassar. Penentuan sampel penjual dan pembeli yaitu secara purposive, yakni dengan mengambil 5 sampel responden penjual dan 50 sampel responden pembeli. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda untuk menganalisis pengaruh strategi bauran pemasaran 4P (product, price, place dan promotion) terhadap variabel perilaku konsumen berupa jumlah nilai pembelian buah pada toko buah di Kota Makassar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi bauran pemasaran yang terdiri dari 4P (product, price, place, promotion) yaitu variabel produk (X1) mendeskripsikan bahwa skor rata-rata tanggapan responden penjual terhadap strategi bauran pemasaran yaitu 207 berada pada kategori sesuai, variabel harga (X2) mendeskripsikan bahwa skor rata-rata tanggapan responden penjual terhadap stratergi bauran pemasaran yaitu 228 berada pada kategori sangat sesuai, varibel tempat (X3) mendeskripsikan bahwa skor rata-rata tanggapan responden penjual terhadap strategi bauran pemasaran yaitu 236,67 berada pada kategori sangat sesuai, dan variabel promosi (X4) mendeskripsikan bahwa skor rata-rata tanggapan responden penjual terhadap strategi bauran pemasaran yaitu yaitu 216,67 berada pada kategori sangat sesuai terhadap keinginan dan kebutuhan konsumen toko buah di Kota Makassar. Perilaku konsumen yang diukur berdasarkan nilai pembelian buah-buahan rata –rata berada pada kategori rendah . Penerapan strategi bauran pemasaran yang terdiri dari 4P (product, price, place, promotion) berpengaruh positif dan signifikan baik secara bersama-sama (serempak) maupun secara parsial terhadap perilaku konsumen pada toko buah di Kota Makassar.

Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.33096/wiratani.v1i1.6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 WIRATANI

 ___________________________________________________________
Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis
ISSN 2614-5928
Published by Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0