ANALISIS PROPORSI PENGELUARAN DAN KONSUMSI PANGAN TERHADAP KETAHANAN PANGAN RUMAHTANGGA PETANI PADI (Studi Kasus Desa Tallung Ura, Kecamatan Curio, Kabupaten Enrekang)

Hasrawati B, Nuraeni Nuraeni, Mais Ilsan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui sumber pendapatan petani padi di Desa Tallung Ura, Kecamatan Curio, Kabupaten Enrekang, menganalisis proporsi pengeluaran konsumsi pangan terhadap pengeluaran rumahtangga petani padi di Desa Tallung Ura, Kecamatan Curio, Kabupaten Enrekang, menganalisis konsumsi pangan (energi dan protein) dalam rumahtangga petani padi di Desa Tallung Ura, Kecamatan Curio, Kabupaten Enrekang, menganalisis kondisi ketahanan pangan rumahtangga petani padi di Desa Tallung Ura, Kecamatan Curio, Kabupaten Enrekang. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tallung Ura’, Kecamatan Curio, Kabupaten Enrekang. Pemilihan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive). Penelitian ini berlangsung selama 3 bulan. Populasi dalam penelitian ini merupakan keseluruhan dari rumahtangga petani padi di Desa Tallung Ura, Kecamatan Curio, Kabupaten Enrekang dari hasil survei didapatkan 189 rumahtangga. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode acak sederhana (Simple Random Sampling) dengan memilih 20% dari jumlah responden. Berdasarkan hasil tersebut maka jumlah sampel yang terpilih sebanyak 37 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis pendapatan dan pengeluaran rumahtangga petani padi, proporsi pengeluaran konsumsi pangan terhadap pengeluaran rumahtangga petani, konsumsi pangan rumahtangga petani dan analisis ketahanan pangan rumahtangga petani.


Keywords


Ketahanan Pangan Rumahtangga Petani Padi; Konsumsi Energi; Konsumsi Protein; Proporsi Pengeluaran Pangan

References


Ilham dan Bonar, 2007. Penggunaan Pangsa Pengeluaran Pangan sebagai Indikator Komposit Ketahanan Pangan. SOCA, Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis. Fakultas Pertanian Universitas Udayana. Vol. 7 No. 3: 213-328 November 2007.

Ilsan Mais, 2018. Ketahanan Pangan Rumahtangga Petani Padi pada Tiga Tipe Agrosistem di Sulawesi Selatan. Media Pustaka. Makassar.

Maxwel, S, et al. 2000. Urban Livelihoods and Food and Nutrition Seceruty in Greater accra Ghana. International Food Policy Research in Collaboration with Noguchi Memorial Institue For Medical Research World Health Organization.

Sumodiningrat, 2000. Visi dan Misi Pembangunan Pertanian Berbasis Pemberdayaan, Yogyakarta.

Suratiyah et all, 2010. Peningkatan Ketahanan Pangan Rumahtangga di Daerah Sentra Produksi Padi Sulawesi Selatan. Penelitian Pengembangan Pertanian.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan.

Yudaningrum, 2011. Analisis Hubungan Proporsi Pengeluaran dan Konsumsi Pangan dengan Ketahanan Pangan Rumahtangga Petani di Kabupaten Kulon Progo. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret. Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.33096/wiratani.v3i2.61

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Hasrawati B, Nuraeni Nuraeni, Mais Ilsan

 ___________________________________________________________
Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis
ISSN 2614-5928
Published by Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0