ANALISIS TINGKAT PENYERAPAN PANGAN RUMAHTANGGA PETANI PADA TIPE AGROEKOSISTEM PEGUNUNGAN

Zuratman Zuratman, Mais Ilsan, Muhammad Salim

Abstract


Ketahanan pangan adalah salah satu pilar bagi pembangunan dan kemajuan suatu negara. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Benteng Paremba, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang yang berlangsung dari Bulan Mei sampai dengan Juni 2019. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis secara deskriptif kondisi sosial ekonomi masyarakat dan menganalisis tingkat penyerapan pangan yang terdiri dari tingkat kecukupan energi, tingkat kecukupan protein, tingkat kecukupan vitamin A dan penganekaragaman pangan rumahtangga petani pada tipe Agroekosistem Pegunungan di Desa Benteng Paremba, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 300 KK petani. Jumlah sampel yang dipilih dengan menggunakan metode acak sederhana (Simple Random Sampling) yaitu sebanyak 30 rumahtangga petani sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecukupan energi dikategorikan sangat tahan pangan (100), tingakat kecukupan protein dikategorikan sangat tahan pangan (100), tingkat kecukupan vitamin A sangat tahan pangan (100), penganekaragaman pangan dikategorikan sangat rawan pangan (36,66), maka penyerapan pangan rumahtangga petani di Desa Benteng Paremba, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang dikategorikan Sangat Tahan Pangan (STP) dengan nilai Komposit tingkat ketahanan pangan berdasarkan komponen penyerapan pangan sebesar 115. Sehingga rumahtangga petani dapat dikatakan dalam kategori sangat tahan pangan.


Keywords


Agroekosistem; Ketahanan Pangan; Penyerapan Pangan

References


Ariani M, dan Rachman, H.P.S., 2003. Analisis Tingkat Ketahanan Pangan Rumah Tangga. Media Gizi dan Keluarga. 27 (2). 1-6.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Pinrang, 2018. Kabupaten Pinrang Dalam Angka Tahun 2018. Pinrang: Badan Pusat Statistik.

Hanani, Nuhfil. 2014. Strategi Enam Pilar Pembangunan Ketahanan pangan, Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar Dalam Bidang Ilmu Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya.

Mais Ilsan. 2018. Ketahanan Pangan Rumahtangga Petani di Sulawesi Selatan. CV. Nas Media Pustaka. Makassar.

Soeratno dan Lincolin Arsyad. 1999. Metodologi Penelitian untuk Ekonomi dan Bisnis. UPP AMP YKPN. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.33096/wiratani.v3i2.64

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Zuratman Zuratman, Mais Ilsan, Muhammad Salim

 ___________________________________________________________
Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis
ISSN 2614-5928
Published by Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0