ANALISIS PENDAPATAN DAN PENGELUARAN RUMAHTANGGA PETANI DI BANGUN JAYA, TOMONI, LUWU TIMUR

Nurul Wulandari, Rasmeidah Rasyid, Mais Ilsan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya produksi usahatani padi di Desa Bangun Jaya Kecamatan Tomoni, Kabupaten Luwu Timur, menganalisis besarnya pendapatan Petani, pengeluaran rumahtanggga Petani dan tabungan rumahtangga petani padi di Desa Bangun Jaya. Lokasi penelitian ini yaitu di Desa Bangun Jaya, Kecamatan Tomoni, Kabupaten Luwu Timur dengan jumlah responden 33 rumahtangga petani padi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif untuk memberikan gambaran umum tentang data yang diperoleh, analisis pendapatan rumahtangga untuk mengetahui total pendapatan rumahtangga petani padi di Desa Bangun Jaya, analisis pengeluaran rumahtangga dan analisis tabungan rumahtangga untuk mengetahui total pengeluaran rumahtangga dan total tabungan rumahtangga petani padi di Desa Bangun Jaya. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu tingkat produksi usahatani 3.377 kg per musim untuk luas lahan 0,64 Ha dan produktivitas 5.276,5 kg / ha, tingkat pendapatan rumahtangga petani tinggi yaitu Rp 5.219.916 per bulan, pendapatan cukup tinggi karena berada diatas UMK Luwu Timur yaitu Rp. 2.898.522, tingkat pengeluaran makanan rumah tangga Rp. 2.526.946,91 atau lebih rendah dari 50%, yaitu 47,85% dari total pendapatan, rumah tangga petani padi memiliki tabungan rumah tangga 51,6%.


Keywords


Petani; Rumahtangga; Tabungan

References


Abidin Z, dkk, 2015. Analisis Pendapatan dan Pengeluaran Rumahtangga Petani Padi Desa Sukajawa Kecamatan Bumiratu Nuban Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Ilmu-ilmu Agribisnis (JIIA) Vol.3 No.3.

Harahap. S. M. S. 2017. Analisis Pendapatan dan Konsumsi Keluarga Petani Desa Purbatua Dolok Kecamatan Padangbolak Tenggara Kabupaten Padang Lawas Utara. Repository. USU.

Ilsan, M. 2018. Ketahanan Pangan Rumahtangga Petani di Sulawesi Selatan. Nas Media Pusaka: Makassar.

Milfitra W. 2016. Analisis Pendapatan Usahatani Padi Sawah di Desa Rokan Koto Ruang Kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu. E-jurnal.UPP.

Palle. C. M. 2012. Potensi Tabungan Rumahtangga Petani Di Desa Poopo Utara Kecamatan Ranoyapo. Ejurnal. UNSRAT.

Samoelson dkk. 2004. Ilmu Makro Ekonomi. Jakarta: PT. Media Edukasi.

Sari D. K. dkk. 2014. Analisis Pendapatan dan Tingkat Kesejahteraan Rumahtangga Petani Jagung Di Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Ilmu-ilmu Agribisnis (JIIA) Vol.2, No.1.

Sari L. 2019.Analisis Pendapatan Petani Padi Di Desa Bontorappo Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto. Eprints. UNM.

Sukirno, 2005. Pengantar Teori Mikro Ekonomi. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33096/wiratani.v3i2.67

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nurul Wulandari, Rasmeidah Rasyid, Mais Ilsan

 ___________________________________________________________
Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis
ISSN 2614-5928
Published by Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0