PENGARUH SELERA KONSUMEN TERHADAP PERILAKU MENGKONSUMSI BUAH – BUAHAN DI KOTA MAKASSAR (Studi Kasus di Plaza Buah Hertasning

Umrah Ilsan, Mais Ilsan, Iskandar Hasan

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi selera konsumen (preferensi konsumen, persepsi konsumen dan kesadaran konsumen) dalam mengkonsumsi buah – buahan di Kota Makassar, (2) mengidentifikasi perilaku konsumen dalam mengkonsumsi buah-buahan di Kota Makassar dan (3) menganalisis pengaruh selera konsumen (preferensi konsumen, persepsi konsumen dan kesadaran konsumen) terhadap perilaku konsumen dalam mengkonsumsi buah-buahan di Kota Makassar. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling method. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 responden. Untuk pengujian Validitas dan Reliabilitas instrumen penelitian menggunakan software SPSS versi 21, sedangkan untuk melihat sejauh mana variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat dianalisis dengan analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan melakukan uji Validitas dan Reliabilitas didapatkan nilai Corrected Item – Total Correlation dengan nilai r tabel dengan tingkat 0,05 yaitu sebesar 0,30. Apabila nilai Corrected Item – Total Correlation lebih besar dari r tabel maka indikator layak dan sebaliknya sedangkan untuk uji reliabilitas menunjukkan bahwa semua variabel dari koefisien Alpa cukup besar yaitu diatas 0,60 atau dapat dikatakan bahwa semua indikator masing – masing variabel dari kuesioner dikatakan reliabel, sedangkan untuk analisis Regresi Linear Berganda menunjukkan nilai Koefisien regresi untuk variabel bebas X1 (Preferensi konsumen) memiliki arah dengan koefisien regresi positif sebesar 0,587, Koefisien regresi variabel persepsi konsumen (X2) memiliki arah dengan koefisien regresi negatif sebesar -0,338 dan Koefisien regresi variabel kesadaran konsumen (X3) memiliki nilai arah dengan koefisien regresi positif sebesar 0,829, sedangkan Nilai Koefisien Determinasi R2 yang didapat sebesar 0,899 atau 89,9 %. Hal ini menunjukkan bahwa variabel independent yang diteliti mampu memberikan penjelesan terhadap perilaku mengkonsumsi buah – buahan sebesar 89,9 % sedangkan sisanya sebesar 10,1 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kesimpulannya yaitu diantara variabel preferensi konsumen (X1) dan kesadaran konsumen (X3) yang paling berpengaruh nyata terhadap perilaku konsumen dalam mengkonsumsi buah – buahan yang berada di Plaza Buah Hertasning Kota Makassar adalah variabel kesadaran konsumen (X3)

Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.33096/wiratani.v1i1.8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 WIRATANI

 ___________________________________________________________
Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis
ISSN 2614-5928
Published by Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0