Analisis Pendapatan dan Strategi Pemasaran Usaha Keripik Pisang di Kabupaten Enrekang

Fitri Hardianty Djasman RB, Iskandar Hasan, Farizah Dhaifina Amran

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis penerimaan dan pendapatan usaha keripik pisang UD BPI, Menganalisis faktor internal dan eksternal pemasaran, Merumuskan strategi pemasaran yang tepat berdasarkan analisis SWOT dan Menentukan strategi yang harus diprioritaskan berdasarkan analisis QSPM. Penetapan responden dilakukan secara sengaja (purposive sampling method) dengan memilih secara keseluruhan (sensus) yaitu pemilik dan tenaga kerja. Metode analisis data yang digunakan yaitu menganalisis jumlah produksi, biaya produksi, penerimaan, pendapatan. Merumuskan strategi pemasaran menggunakan alat analisis yaitu matriks IFAS dan EFAS, matriks SWOT dan matriks QSPM. Hasil penelitian ini adalah penerimaan sebesar Rp 111.780.000 dan pendapatan sebesar Rp 57.955.168 tiap bulan. Faktor internal kekuatan yaitu varian rasa, kualitas produk, penetapan harga, distribusi produk, lokasi usaha, keterampilan tenaga kerja dan pelayanan. Faktor kelemahan yaitu label produk, kemasan produk, promosi, tenaga kerja dan fasilitas produksi. Faktor eksternal peluang yaitu ketersediaan bahan baku, kualitas bahan baku, ketepatan waktu pengiriman bahan baku, pengecer dan permintaan konsumen. Faktor ancaman yaitu kenaikan harga bahan baku, keberadaan pesaing dan distribusi pesaing. Hasil analisis SWOT menunjukkan strategi yang tepat diterapkan adalah strategi agresif dengan skor peluang yaitu 2,31 dan skor kekuatan 2,51. Berdasarkan analisis QSPM, strategi mengembangkan varian rasa baru yang berbeda menjadi prioritas alternatif dengan nilai total daya tarik sebesar 6,10 dan mempertahankan kualitas produk dan pelayanan kepada konsumen dengan nilai total daya tarik sebesar 6,02.


Keywords


QSPM; strategi; SWOT

References


Hamdan. (2015). Strategi Komunikasi Pemasaran Browcyl dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen di Kota Makassar [skripsi]. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. UIN Alauddin Makassar.

Hidayati, S., Yuliana, N., Utomo, T.P., Cakradinata, R. (2020). Studi Analisis Finansial Pendirian Industri Keripik Pisang di Provinsi Lampung. Jurnal Penelitian Pertanian Terapan. 20(1) : 80-89. http://dx.doi.org/10.25181/jppt.v20i1.1567

Iswan, I. T. (2013). Strategi Pengembangan Produktivitas dan Pemasaran Keripik Pisang (Banachip) [skripsi]. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian UNHAS.

Lasander, C. (2013). Citra Merek, Kualitas Produk, dan Promosi Pengaruhnya terhadap Kepuasan Konsumen pada Makanan Tradisional. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. Vol.1 No.3 September 2013 : 284-293.

Nurhayati, N. (2021). Usaha Peningkatan Pemasaran Keripik Pisang NVN melalui Desain Produk dan Online Shop. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 3(1): 17-33. https://doi.org/10.31943/abdi.v3i1.34.

Putri, D. D., Mulyani, A. Satriani, R. (2012). Strategi Pemasaran Keripik Pisang dalam Rangka Mencapai Ketahanan Pangan di Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. SEPA Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis. 8(2) : 162–167.

Rahman, T., Nurmalasari, Y. Sustiyana. (2021). Strategi Pengembangan Keripik Pisang UD Al-Barokah di Desa Bulangan Haji Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan. Jurnal Agrosains. Vol 6(2): 54-61. https://doi.org/10.31102/agrosains.2021.6.2.54-61.

Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis untuk Menghadapi Abad 21. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Suratiyah, K. (2015). Ilmu Usahatani. Jakarta: Penebar Swadaya.

Tjiptono F. (2012). Strategi Pemasaran-Edisi ke 3. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tuwo, M. A. (2011). Ilmu Usahatani Teori dan Aplikasi Menuju Sukses. Kendari: Unhalu Press Kendari.

Wardhiani, W. F., Apriyanti, Y. (2019). Analisis Biaya dan Pendapatan Pembuatan Keripik Pisang di Desa Legokhuni Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta. AKURAT Jurnal Ilmiah Akuntansi. Volume 10(1) : 99-116.

Wibowo, D. H., Arifin, Z., Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 29(1) : 59-66.




DOI: https://doi.org/10.33096/wiratani.v5i1.86

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fitri Hardianty Djasman RB

 ___________________________________________________________
Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis
ISSN 2614-5928
Published by Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0