PENGARUH STRATEGI PEMASARAN ON-LINE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK OLAHAN PISANG

Nurcahya Fajriani, Nurliani Nurliani, Tsalis Kurniawan Husain

Abstract


Tahapan keputusan pembelian ada 5 tahap, yaitu pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif dan lalu keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui respon konsumen terhadap strategi pemasaran on-line produk olahan pisang pada Usaha Piscok Super di Kota Makassar (2) Menganalisis proses keputusan pembelian produk olahan pisang yang dilakukan secara on-line (3) Menganalisis pengaruh strategi pemasaran on-line produk olahan pisang terhadap keputusan pembelian. Lokasi penelitian dilaksanakan pada usaha olahan pisang di Makassar dengan pertimbangan usaha olahan pisang melakukan proses penjualan secara on-line. Sampel dalam penelitian yaitu sampel produsen menggunakan metode sensus dan sampel konsumen menggunakan teknik sampling insidental. Analisis data yang digunakan adalah: analisis statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji serempak (uji-F), dan uji parsial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Usaha Piscok Super di Kota Makassar telah melakukan strategi pemasaran on-line yang terdiri, personal relevance, on-line interactivity message, dan brand familiarity dan termasuk kategori sangat sesuai. Konsumen Piscok Super di Kota Makassar melakukan proses keputusan pembelian produk olahan pisang secara on-line melalui tahapan pengenalan masalah, pencarian informasi, melakukan evaluasi alternatif, dan keputusan pembelian. Strategi pemasaran on-line terdiri dari, personal relevance, on-line interactivity, dan brand familiarity secara parsial berpengaruh nyata terhadap volume pembelian piscok. Sedangkan variabel message berpengaruh tidak nyata terhadap volume pembelian piscok.


Keywords


strategi; pemasaran on-line; keputusan pembelian; piscok

References


Amelfdi, F., Ardyan, E. (2021). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. Vol 5(6): 473-483. https://doi.org/10.37715/jp.v5i6.1825.

Citra, Karina, M.,, Rivanto, R. (2023). Pelatihan Pengolahan Makanan Bahan Baku Pisang Khas Sulawesi Selatan Upaya Peningkatan Kemampuan untuk menjadi Enterpreneur pada Siswa SMK Negeri 24 Jakarta. Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin. Vol 5(1): 95-104. https://doi.org/10.37012/jpkmht.v5i1.1290.

Dewi, R.S., Lestari, R.Y., Nida, Q. (2021). Inovasi Pengolahan Buah Pisang sebagai Bentuk Pemberdayaan Masyarakat dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 1(2): 44-47. https://journal.actual-insight.com/index.php/jpkm/article/view/450.

Faiz, A. (2021). Kondisi Tenaga Kerja pada Sektor Pertanian, Kehutanan dan Perikanan Tahun 2020 di Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Ketenagakerjaan. Vol 16(2): 138-149. https://doi.org/10.47198/naker.v16i2.101.

Mandak, T.E., Tumbel, T.M., Mangindaan, J.V. (2021). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Dapur Sedap Om Dol di Manado. Productivity. Vol 2(3): 203-207. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/34553/0.

Naufal, A.Z., Wulandari, S.H.E., Wardhanie, A.P. (2021). Perancangan Strategi Digital Marketings dengan Metoder Race pada Layanan Online Food Delivery berdasarkan Perilaku Pelanggan Generasi Z. Journal of Technology and Informatics (JoTI). Vol 3(1): 1-11. https://doi.org/10.37802/joti.v3i1.187.

Sari, N.Y., Widodo, J., Wahyuni, S. (2021). Inovasi Produk Olahan Pisang pada Usaha Home Industry King’s Bnana Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial. Vol 15(2): 328-333. 10.19184/jpe.v15i2.22071.

Sunandar, A., Sumarsono, R. B., Benty, D. D. N, Nurjanah, N. (2017). Aneka Olahan Pisang sebagai Upaya Meningkatkan Nilai Jual Pisang dan Pendapatan Masyarakat. Jurnal Abdimas Pedagogi. Volume 1(1): 8-15. http://dx.doi.org/10.17977/um050v1i1p%25p.

Soekartawi. (2001). Pengantar Agroindustri. Edisi 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Widodo, W.D., Suketi, K., Rahardjo, R. (2019). Evaluasi Kematangan Pascapanen Pisang Barangan untuk Menentukan Waktu Panen Terbaik Berdasarkan Akumulasi Satuan Panas. Buletin Agrohorti. Vol 7(2): 162-171. https://doi.org/10.29244/agrob.7.2.




DOI: https://doi.org/10.33096/wiratani.v5i2.97

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nurcahya Fajriani, Nurliani Nurliani, Tsalis Kurniawan Husain

 ___________________________________________________________
Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis
ISSN 2614-5928
Published by Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0