SEGMENTASI PASAR DAN VOLUME PENJUALAN JAGUNG MARNING SEBAGAI PRODUK LOKAL KABUPATEN BULUKUMBA

Mekarlina Mekarlina, Nurliani Nurliani, Iskandar Hasan

Abstract


Penelitian mengidentifikasi segmentasi pasar konsumen produk jagung marning berdasarkan atribut geografi, demografi, psikografi, perilaku konsumen. Menganalisis volume pembelian jagung ritel tradisional, modern. Penelitian dilakukan di Kabupaten Bulukumba dilaksanakan bulan Juli-September 2020. Metode pengambilan sampel secara purposive, sebanyak 60 responden. Metode analisis data yaitu deskriptif kuantitatif menggunakan skala likert, analisis volume pembelian, analisis korelasi Chi-Kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan segmentasi pasar atribut geografi ritel tradisional yaitu konsumen dalam kota (93,33%), ritel modern berasal dalam kota (70%). Segmentasi pasar atribut demografi ritel tradisional yaitu konsumen perempuan, usia 17-31 tahun, ritel modern konsumen perempuan (66,67%), usia17-31 tahun. Segmentasi pasar atribut psikografi ritel tradisional termasuk kategori kurang sesuai selera/hobi, ritel modern termasuk kategori sesuai selera, hobi konsumen. Segmentasi pasar atribut perilaku konsumen ritel tradisional termasuk kategori kurang sesuai kemasan/merek/label, rasa, harga, untuk oleh-oleh. Ritel modern termasuk kategori sesuai kemasan/merek/label, rasa, harga, konsumsi sendiri. Pembelian jagung marningritel tradisional rata-rata 1.690 kg/bulan umumnya untuk oleh-oleh (cindera mata), ritel modern rata-rata pembelian 3.010 gram/bulan umumnya dikonsumsi sendiri. Hubungan segmentasi geografi pasar tradisional dan sub variabel asal konsumen berhubungan nyata. Ritel modern, indikator umur, pendapatan konsumen berhubungan nyata dengan jumlah pembelian. Variabel segmentasi psikografi (sub variabel selera, hobi konsumen) berhubungan nyata dengan jumlah pembelian jagung marning, baik ritel tradisional, ritel modern.Variabel segmentasi perilaku konsumen (sub variabel kemasan/merek/label, rasa, harga, konsumsi sendiri) berhubungan nyata dengan jumlah pembelian jagung marning, baik ritel tradisional, ritel modern.


Keywords


jagung marning; pasar modern; pasar tradisional; segmentasi pasar; volume penjualan

References


Maherawati. (2018). Pengolahan Produk Jagung. Jakarta: Penerbit Ghalia.

Sigit, Suhardi. (2008). Pemasaran Pertanian, Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Sutawi. (2002). Manajemen Agribisnis. Malang: Bayu Media.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: ALFABETA




DOI: https://doi.org/10.33096/wiratani.v5i2.98

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mekarlina Mekarlina, Nurliani Nurliani, Iskandar Hasan

 ___________________________________________________________
Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis
ISSN 2614-5928
Published by Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0