STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KOPI BUBUK

Muhammad Irsal Basda, Iskandar Hasan, Rasmeidah Rasyid

Abstract


Prospek pengembangan industri kopi di Indonesia meliputi tumbuh kembangnya industri hilir sampai hulu pengolah kopi. Tujuan dari penelitian ini. 1) Mendeskripsikan proses pengolahan kopi bubuk pada Home Business Industri Kopi Marasa Makassar. 2) Menganalisis jumlah produksi dan pendapatan Usaha Rumah Tangga Kopi Marasa Makassar. 3) Menganalisis faktor lingkungan internal (kekuatan, kelemahan) dan eksternal (peluang, ancaman) yang dihadapi oleh Usaha Home Industry Kopi Marasa Makassar. 4) Menganalisis strategi pengembangan Bisnis Home Industry Kopi Marasa Makassar. Lokasi penelitian ini ditentukan secara sengaja (purposive) di Home Industri Marasa Coffee Makassar dan dilaksanakan pada bulan September 2019 sampai bulan April 2020. Responden dalam penelitian ini adalah karyawan dari Marasa Coffee Makassar. Analisis yang digunakan adalah: Pendapatan, Analisis SWOT (faktor internal eksternal usaha, strategi pengembangan usaha) metode Freddy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan usaha 870 Pcs Kopi Robusta dan 1.001 Pcs Kopi Arabika adalah Rp. 18.863.715 / bulan. Berdasarkan hasil Matriks IFE (Tabel 10) dan Matriks EFE (Tabel 11), diketahui nilai IFE sebesar 2,14 dan nilai EFE sebesar 1,90. Dengan demikian bisnis kopi bubuk berada di Kuadran I, ini adalah situasi yang sangat menguntungkan. Perusahaan memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif.


Keywords


kopi; pengembangan usaha; strategi

References


Fahmi Mirza, Akhmad Bhaiqi dan Irwan A Kadir. (2013). Analisis Strategi Pemasaran Kopi Arabika, Bergandal Coffee. Agrisep, Vol 14, No. 1, 2013.

Freddy Rangkuti. (2016). Teknik Membedakan Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta : PT Gramedia.

Dewi, K. Y., Rifin, A., dan Saptono, T. (2018). Strategi Pengembangan Usaha Pengolahan Kopi Arabika.

Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis, vol. 4 No. 2, mei 2018.

Reswita. (2016). Pendapatan dan Nilai Tambah Usaha Bubuk Kopi Robusta di Kabupaten Lebong. Agrisep, Vol. 15 No. 2 September 2016.

Reta, Dahlia, H. Larekeng, & Z. D. Mustaka. (2019). Kopi Arabika Kalosi Produk Unggulan Kabupaten Enrekang. Unri Conference Series: Community Engagement 1: 564-568 https://doi.org/10.31258/unricsce.1.564-568.

Siswoputranto, P. S. (1993). Kopi Internasional dan Indonesia. Yogyakarta: Kanisius.

Soekartawi. (1999). Agribisnis Teori dan Aplikasinya. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sudiyarto, Widayanti, S., dan Kresna, D. M. (2012). Perilaku Konsumen Penikmat Kopi Tubruk dan Kopi Instan. Jsep Vol. 6 No. 3 November 2012.




DOI: https://doi.org/10.33096/wiratani.v5i2.99

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Irsal Basda, Iskandar Hasan, Rasmeidah Rasyid

 ___________________________________________________________
Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis
ISSN 2614-5928
Published by Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0