STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KOPRA PUTIH DI DESA LAMEO-MEONG KECAMATAN POLEANG BARAT KABUPATEN BOMBANA

Riska Riska, Hisrah Hisrah, Dewi Dewi, Darlina Darlina, Muh. Risal, Muh. Riad Ahdan, Yuli Purbaningsih, Masitah Masitah

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk merumuskan strategi pengembangan usaha kopra putih di Desa Lameo-Meong Kecamatan Poleang Barat Kabupaten Bombana, metode analisis data yang digunakan matriks IFAS, EFAS, IE dan SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi usaha industri rumah tangga kopra putih di Desa Lameo-meong berada pada posisi usaha kopra di sel II yaitu rata-rata. Sel I, II, IV dapat melaksanakan strategi growth and built (kembang dan bangun). Strategi yang umum diterapkan adalah strategi intensif (penetrasi pasar, pengembangan produk) atau strategi integratif (integrasi kebelakang, kedepan dan horizontal). Total nilai matriks IFE sebesar 2,11 dan total nilai matriks EFE sebesar 4,05. Titik pertemuan dari kedua sumbuh tersebut adalah pada sel ke II yang menunjukkan kekuatan internal usaha industri kopra putih berada pada posisi rata-rata dan kekuatan external berada pada posisi tinggi. Startegi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan usaha kopra berdasarkan analisi SWOT yaitu pada strategi S x O berdasarkan hasil matrik SWOT untuk usaha kopra putih adalah meningkatkan produksi kopra putih, pada strategi S x T dari hasil matrik SWOT adapun strategi yang dapat diambil oleh pengusaha kopra putih Mempererat hubungan antar petani dan pemilik modal untuk keberlangsungan proses produksi kopra, pada W x O dari hasil matrik SWOT adapun strategi yang dapat diambil oleh pengusaha kopra putih adalah meningkatkan pangsa pasar, pada strategi W x T dari hasil matriks SWOT adapun strategi yang dapat diambil adalah dengan memanfaatkan teknologi misalnya membuat tempat pengeringan untuk kopra putih agar tidak bergantung kepada cuaca.

Keywords


Kopra putih; IFAS; EFAS; IE; SWOT

References


Afiza, Y., & Sawitri, N. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Kopra Putih di Kecamatan Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir. JURNAL AGRIBISNIS, 10(1), 41-52.

Alviza, M., Sihombing, L., & Ayu, S. F. (2013). Analisis usahatani Dan Prospek Pengembangan Kopra (Studi Kasus: Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan). Journal of Agriculture and Agribusiness Socioeconomics, 2(12), 15164.

Astuti, A. M. I., dan Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus Di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), 58–70.

Ilyas, M., Syahpawi, S., & Jonnius, J. (2022). Analisis Kelayakan Usaha Kopra Putih di Kabupaten Indragiri Hilir Menurut Perspektif Ekonomi Syariah. ISLAMIC BUSINESS and FINANCE, 3(2), 158-178.

Iswarini, H., Ningrum, P. P. A., & Setiawati, E. (2022). Strategi Pemasaran Usaha Kopra Putih di Desa Manggar Raya Kecamatan Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. J-PEN Borneo: Jurnal Ilmu Pertanian, 5(2), 1-7.

Nisak, Z. (2013). Analisis SWOT untuk Menentukan Strategi Kompetitif. Jurnal Ekbis, 9(2), 468-476.

Putri, N. E., Astuti, R., & Putri, S. A. (2014). Perencanaan Strategi Pengembangan Restoran Menggunakan Analisis SWOT dan Metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) (Studi Kasus Restoran Big Burger Malang). Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri, 3(2), 93-106.

Rangkuti, F. (2008). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot Rating dan Ocai.

Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus Di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), 58-70.

Rosidi, A. R., Mustaniroh, S. A., & Deoranto, P. (2017). Perencanaan Strategi Pengembangan Agroindustri Kopra (Studi Kasus di Kabupaten Halmahera Timur). Jurnal Teknologi Pertanian, 18(3), 211-224.

Rumagit, G. A., & Pangemanan, P. A. (2017). Peran Kredit Perbankan Pada Sektor Pertanian Di Provinsi Sulawesi Utara. AGRI-SOSIOEKONOMI, 13(1A), 183-194.




DOI: https://doi.org/10.33096/wiratani.v6i2.305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Riska Riska, Hisrah Hisrah, Dewi Darlina, Muh. Risal, Muh. Riad Ahdan, Yuli Purbaningsih, Masitah Masitah

 ___________________________________________________________
Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis
ISSN 2614-5928
Published by Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0