Cover Image

ANALISIS NILAI TAMBAH DAN KARAKTERISTIK PEMASARAN IKAN ASIN JAMBAL ROTI

Junianto Junianto, Zahra Azizah, Hani Hurhaeni, Rizki Yusran Permana

Abstract


 Ikan asin jambal roti merupakan salah satu makanan tradisional yang cukup terkenal dan digemari oleh masyarakat lokal maupun wisatawan di Pangandaran. Pada umumnya jambal roti dibuat dari ikan manyung (Arius thalassinus Ruppell).  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai tambah dan karakteristik pemasaran ikan jambal roti di Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Mamah Jambal, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan kuantitatif untuk menganalisis nilai tambah, yang dihitung menggunakan metode Hayami. Metode pengumpulan data yaitu dengan survey dan wawancara secara langsung. Hasil pelitian menunjukkan bahwa ikan asin jambal roti di UKM Mamah Jambal, Kabupaten Pangandaran memberikan nilai tambah yang cukup signifikan, yaitu sebesar Rp12.000/kg dengan rasio nilai tambah sebesar 28%. Keuntungan bersih yang diperoleh sebesar Rp11.945/kg atau sekitar 28% dari total output, efisiensi produksi yang cukup tinggi. Margin sebesar Rp14.000/kg, UKM Mamah Jambal mendapatkan pembagian sebagai berikut: 0,3% untuk tenaga kerja, 14% untuk input tambahan lainnya, dan 85% keuntungan perusahaan. Segmentasi pasar UKM Mamah Jambal termasuk kategori Static Attribute Segmentation dengan pendekatan geografis serta menargetkan konsumen berdasarkan lokasi atau wilayah. Strategi Penentuan harga menggunakan Cost-Plus Pricing untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Untuk promosi yang dilakukan menggunakan teknik promosi Personal Selling yang dilakukan secara langsung antara penjual dan calon pembeli. Distribusi dilakukan secara langsung kepada konsumen.

Keywords


jambal roti; karakteristik pemasaran; nilai tambah

References


Aliami, S., Muslih, B., & Sardanto, R. (2022). Analisis Segmenting, Targeting, dan Positioning pada Batik Tulis Ningrat Prasojo. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 67–68.

Anindita, R. (2024). Direct Marketing, Sales Promotion, dan Hedonic Shopping Motivation terhadap Purchase Decision (Studi pada Fitur Shopee Live). 14.

Azmita, N., Mutiara, V. I., & Hidayat, R. (2019). Analisis Nilai Tambah dan Profitabilitas Usaha Tahu Alami Di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. JOSETA: Journal of Socio-Economics on Tropical Agriculture, 1(3). https://doi.org/10.25077/joseta.v1i3.179

Camilleri, M. A. (2018). Market Segmentation, Targeting and Positioning: Vol. Chapter 4. https://ssrn.com/abstract=3289470

Dzulmawan, M., Geo, L., & Gafaruddin, A. (2019). Analisis Nilai Tambah Pengolahan Abon Ikan Tuna di Kelurahan Mata Kecamatn Kendari Kota Kendari (Studi Kasus Industri Rumah Tangga Dzakiyah Permata). Jurnal Ilmiah Agribisnis (Jurnal Agribisnis Dan Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian), 2019(2), 29–34. https://doi.org/10.33772/jia.v4i2.6511

Fadilla, Z., Ketut Ngurah Ardiawan, M., Eka Sari Karimuddin Abdullah, M., Jannah Ummul Aiman, M., & Hasda, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif (N. Saputra, Ed.). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. http://penerbitzaini.com

Fitria Mukaromah, matul, & Wijaya, T. (2020). Pasar Persaingan Sempurna dan Pasar Persaingan Tidak Sempurna dalam Perspektif Islam. Profit: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan, 4, 01–16. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/profit

Fong, A. P., Yogisutanti, G., & Fuadah, F. (2022). Analisis Kandungan Formalin pada Ikan Asin Jambal Roti di Pasar Sentral Kabupaten Mimika Papua Tahun 2021. Jurnal Ilmu Kesehatan Immanuel, 16(1).

Hairani, Innuddin, M., Rachman, D. F., Fathoni, A., & Hadi, S. (2023). Sosialisasi Internet Sehat, Cerdas, Kreatif, dan Produktif pada Masyarakat Kalijaga Baru. Valid Jurnal Pengabdian, 1(3).

Hasrul, S., & Andiansyah, F. (2024). Permintaan Pasar Terhadap Perusahaan Pada Pasar Persaingan Sempurna. In IJMA (Indonesian Journal of Management and Accounting (Vol. 5, Issue 1). https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJMA/index

Iskandar, Y., Zulbainarni, N., Jahroh, S., Bisnis, S., & Pertanian Bogor, I. (2020). Pengaruh Karakteristik Usaha dan Wirausaha Terhadap Kinerja UMKM Industri Pengolahan Perikanan di Kabupaten Sukabumi. Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen), 4.

Kurnianti, D., & Muthohar, M. (2023). Strategi Pemasaran yang Efektif: Kombinasi Teknik Direct Marketing dan Indirect Marketing dalam Meningkatkan Penerimaan Aplikasi Genius HR. Technologia, 14.

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. HISTORIS : Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. https://doi.org/10.31764/historis.vXiY.4075

Mutaqin, B., & Natari, S. U. (2021). Analisis Potensi Ekspor Produk Ikan Asin Jambal Roti di Kabupaten Pangandaran. SULUH: Jurnal Abdimas, 2(2), 97–104. https://doi.org/10.35814/suluh.v2i2.1740

Nasution, M. I., Fachrezi, H. A., Darma, S., Rahman, D., & Suhairi. (2022). Distribusi Pasar Luar Negeri. Ekonomi Bisnis Manajemen Dan Akuntansi.

Noviasari, E., & Alamsyah, R. (2020). Peranan Perhitungan Harga Pokok Produksi Pendekatan Full Costing Dalam Menentukan Harga Jual Dengan Metode Cost Plus Pricing Studi Kasus pada UMKM Sepatu Heriyanto. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 8, 17–26.

Nufus, H., & Handayani, T. (2022). Strategi Promosi dengan Memanfaatkan Media Sosial Tik Tok dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Pada TN Official Store)S. Jurnal EMT KITA, 6(1), 21–34. https://doi.org/10.35870/emt.v6i1.483

Polandos, P. M., Engka, D. S. M., & Tolosang, K. D. (2019). Analisis Pengaruh Modal, Lama Usaha, dan Jumlah Tenaga Kerja Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kecamatan Langowan Timur. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 19.

Putra, S. I., Istiqomah, Gunawan, D. S., & Purnomo, S. D. (2020). Analisis Pendapatan dan Nilai Tambah Industri Pengolahan Kopi : Pendekatan Metode Hayami. Indonesian Journal of Development Economics, 3. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/efficient

Putri, F.G.A., Meylinda, D.R., & Rahman, M.I. (2024). Analisis Nilai Tambah Agroindustri Ikan Teri Kering Asin di Desa Sumber Anyar Kecamatan Banyuputih. PROSIDING SENADIKA : Seminar Nasional Akademik, 986-991. https://www.unars.ac.id/ojs/index.php/SENADIKA/article/view/5878.

Rahmi, A. N. (2018). Perkembangan Industri Ekonomi Kreatif dan Pengaruhnya Terhadap Perekonomian di Indonesia. Seminar Nasional Sistem Informasi, 9.

Sa’adah, W. (2021). Analisis Pengolahan Ikan Mujair Menjadi Ikan Asin Di Desa Widuni Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis. 7(1), 466-475.

Sudirman, & Hasniati. (2018). Sistem Distribusi Barang Elektronik dengan Metode Distribusi Langsung pada Toko Mulia. Jurnal Ilmu Komputer.

Wauran, D. (2016). Analisis Penentuan Harga Pokok Produk dan Penerapan Cost Plus Pricing Method dalam Rangka Penetapan Harga Jual Pada Rumah Makan Soto Rusuk Ko’ Petrus Cabang Megamas. Jurnal EMBA, 2.




DOI: https://doi.org/10.33096/wiratani.v8i1.535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Junianto Junianto, Zahra Azizah, Hani Hurhaeni, Rizki Yusran Permana

 ___________________________________________________________
Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis
ISSN 2614-5928
Published by Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0