Cover Image

KESADARAN DAN PERSEPSI LABELISASI HALAL TERHADAP MINAT MAHASISWA MEMBELI MIE INSTAN

Farizah Dhaifina Amran, Nuraeni Nuraeni, Fatimah Hambali, Tsalis Kurniawan Husain

Abstract


Perilaku konsumsi masyarakat terhadap suatu produk khususnya makanan hanya memperhatikan tanggal kadaluarsa dari sebuah produk dan kurang memperhatikan label halal yang tercantum dalam kemasan produk tersebut. Masyarakat belum sadar dan paham bahwasanya label halal yang dikeluarkan oleh LPPOM MUI merupakan jaminan mutu, kehigenisan produk dan paling utama adalah menjadi jaminan dari kehalalan suatu produk. Tujuan penelitian (1) menganalisis tingkat kesadaran halal dan persepsi labelisasi halal mahasiswa terhadap pembelian mie instan, (2) menganalisis tingkat minat membeli mahasiswa terhadap produk mie instan, (3) menganalisis pengaruh kesadaran halal dan labelisasi halal terhadap minat mahasiswa membeli mie instan, (4) menganalisis perbedaan kesadaran halal dan persepsi labelisasi halal antara mahasiswa Universitas Muslim Indonesia dan Universitas Hasanuddin. Metode penelitianmenggunakan analisis data deskriptif, analisis regresi berganda, dan analisis uji beda T-test serta menggunakan sampel sebanyak 60 mahasiswa. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa tingkat kesadaran halal mahasiswa terhadap pembelian mie instan termasuk dalam kategori sangat tinggi. Adapun tingkat persepsi labelisasi halal mahasiswa terhadap pembelian mie instan termasuk dalam kategori tinggi. Minat membeli mahasiswa terhadap produk mie instan termasuk dalam kategori tinggi. Kesadaran halal dan labelisasi halal secara serempak berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa membeli mie instan dan tidak terdapat perbedaan signifikan mengenai kesadaran halal dan persepsi labelisasi halal antara mahasiswa Universitas Muslim Indonesia dan mahasiswa Universitas Hasanuddin.

Keywords


Kesadaran Halal; Labelisasi Halal; Minat Beli; Mie Instan

References


Afia, N., Anjardiani, L., & Hanafie, U. (2022). Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Produk Mi Goreng Merek Mie Sedap (Studi Kasus Mahasiswa S1 Universitas Lambung Mangkurat). Jurnal Frontier Agribisnis, 6(3), 177-186.

Afifah, F. N. (2022). Pengaruh Labelisasi Halal, Harga, dan Promosi terhadap Minat Beli Ulang pada Makanan Kemasan Lokal [Skripsi]. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia

Andayani, L. (2018). Pengaruh Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Melalui Faktor Budaya di Kabupaten Lahat. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(1), 33-44.

Asfarina, Z. (2018). Religiusitas, Kesadaran Halal, dan Minat Beli Produk Halal (Studi Empirik pada Pelanggan Makanan Halal di Kabupaten Demak) [Skripsi]. Semarang: Universitas Islam Sultan Agung.

Hendradewi, S., Mustika, A., Darsiah, A., Tinggi, S., & Trisakti, P. (2021). Pengaruh Kesadaran Halal dan Label Halal terhadap Minat Beli Mie Instan Korea pada Remaja Sekolah di Jakarta. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 26(2), 204–212.

Inesti, L. R., & Handayani, S. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Konsumen Pop Mie Cup (Studi Kasus Di Wilayah Kemanggisan Jakarta Barat). JCA of Economics, 1, 503–512.

Izzuddin, A. (2018). Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal dan Bahan Makanan terhadap Minat Beli Makanan Kuliner. Jurnal Penelitian Ipteks, 3(2), 100–114.

Khamaluddin, Fahlevi, M., & Vizano, N. A. (2021). The Effect of Halal Awareness on Purchase Intention of Halal Food: A Case Study in Indonesia. Journal of Asian Finance Economics and Business, 8(4), 441-453.

Khoiri, U., Anwar., A. N., Rahayu, H. C. (2025). Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian Produk Bahan Pangan Masyarakat Muslim Pasir Pengaraian. Jurnal Daya Saing, 11(1), 114-120.

Kurniawan, Irfan, W., Abbas M., & Supriyono. (2021). Pengaruh Kesadaran Halal dan Sertifikat Halal terhadap Minat Beli Produk Cokelat Cadbury pada Mahasiswa Kampus Institut Stiami Jakarta. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(2), 92-97.

Lailla, N., & Tarmizi, I. (2020). Pengaruh Kesadaran Halal dan Bahan Makanan terhadap Minat Beli Makanan di Food Courd UMJ. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (KNEMA), 1177, 1–14.

Mulasakti, G. P., & Mas’ud, F. (2020). Faktor Penentu Minat Beli Produk Makanan dan Minuman Impor Berlabel Halal. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2), 294.

Na’im, A., Kusnandar, & Adi, R. K. (2020). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Mie Instan Merek Indomie di Kalangan Mahasiswa Universitas Sebelas Maret. Jurnal Agrista, 8(3): 169-181.

Pauzy, D. M., & Wibawa, G. R. (2023). Ekonometrika Pengantar Teori dan Aplikasinya. Deepublish.

Pramitasari, T. R., & Fatmawati, I. (2017). Pengaruh Keyakinan Religius, Peran Sertifikasi Halal, Paparan Informasi, dan Alasan Kesehatan terhadap Kesadaran Masyarakat Pada Produk Makanan Halal. Jurnal Manajemen Bisnis, 8(1): 1-33.

Puspamurti, R. A. (2021). Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal, dan Perilaku Religius terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Swiss House [Skripsi]. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.

Ratna. (2018). Persepsi Label Halal pada Makanan Impor Halal Berdasarkan Faktor Pekerjaan Konsumen di Indonesia. Industrial Research Workshop and National Seminar, 525-530.

Sunjaya, E. M. (2020). Analisis Komparatif Tingkat Cita Rasa dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Mie Instan Indomie dan Sedaap di Surabaya). Jurnal Universitas 17 Agustus Surabaya, 1(3), 1-11.




DOI: https://doi.org/10.33096/wiratani.v8i1.537

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Farizah Dhaifina Amran, Nuraeni Nuraeni, Fatimah Hambali, Tsalis Kurniawan Husain

 ___________________________________________________________
Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis
ISSN 2614-5928
Published by Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0