Cover Image

ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK BAKSO SAPI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DESA SUKARAJA

Intani - Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis preferensi konsumen terhadap produk bakso sapi sebagai upaya meningkatkan pendapatan masyarakat Desa Sukaraja. Pentingnya pemberdayaan ekonomi lokal melalui pengembangan usaha pangan olahan bernilai tambah yang mampu membuka peluang usaha baru, terutama bagi perempuan sebagai pelaku utama dalam kegiatan ekonomi rumah tangga. Pengembangan produk bakso sapi dinilai potensial karena memiliki permintaan pasar yang tinggi dan mudah diterima oleh berbagai lapisan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed-method dengan menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dokumentasi dari 38 responden yang berpartisipasi pada penelitian ini. Analisis data dilakukan menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan karakteristik responden, analisis konjoin untuk mengidentifikasi atribut produk yang paling disukai, serta analisis finansial untuk menilai kelayakan usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut dengan nilai kepentingan tertinggi adalah komposisi (37,735), diikuti oleh ukuran (23,388), harga (10,447), dan tekstur (10,199). Kombinasi produk yang paling disukai konsumen adalah bakso dengan komposisi daging lebih banyak daripada tepung, ukuran sangat besar, tekstur empuk, rasa asin, dan harga Rp5.000–Rp10.000 per porsi. Berdasarkan hasil analisis finansial, diperoleh nilai R/C Ratio sebesar 1,14 yang menunjukkan bahwa usaha bakso sapi layak, efisien, dan berpotensi memberikan keuntungan ekonomi. Oleh karena itu, pengembangan usaha bakso sapi berbasis preferensi konsumen dapat dijadikan strategi efektif untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan ekonomi masyarakat Desa Sukaraja.

Keywords


Analisis Konjoin; Bakso Sapi; Preferensi Konsumen; R/C Ratio

References


(BPS) Badan Pusat Statistik. (2025). Tingkat Pengangguran Terbuka menurut Provinsi. Diakses dari https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/NTQzIzI=/tingkat-pengangguran-terbuka--agustus-2023.html

(BPS Provinsi Jawa Barat) Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. (2020). Jumlah Penduduk Menurut Kabupaten/Kota (Jiwa). Diakses dari https://jabar.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTMzIzI=/jumlah-penduduk-menurut-kabupaten-kota.html

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep umum populasi dan sampel dalam penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 15-31. https://doi.org/10.26618/whw41w62

Berutu, F., Andani, F., Silvanny, R., Fitroh, M. A. P., Arrafi, H., Rahma, A., ... & Angelita, T. (2024). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Fried Chicken Di Convenience Store (Studi Kasus: Circle K Kumbang, Kota Bogor). Jurnal Akutansi Manajemen Ekonomi Kewirausahaan (JAMEK), 4(2), 130-139.

Cahyani, W. P. D. N., Arum, A. P., & Jubaedah, L. (2024). Preferensi konsumen terhadap pemilihan produk kosmetik cushion x (Studi Kasus Program Studi Kosmetika dan Perawatan Kecantikan Universitas Negeri Jakarta). Jurnal Adijaya Multidisiplin, 2(04), 753-767. http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51877

Credence Research. (2024). Indonesia Food and Beverages Market: Size, Share and Forecast 2024-2032. Credence Research. https://www.credenceresearch.com/report/indonesia-food-and-beverages-market. [27 Agustus 2025].

Graeni, A., Wunawarsih, I. A., & Lasinta, M. (2025). Pemanfaatan media sosial facebook pada pendapatan pertanian jagung di desa laiba kecamatan parigi Kabupaten Muna. Jurnal Ilmiah Penyuluhan Dan Pengembangan Masyarakat, 5(3), 254-263. https://doi.org/10.56189/jippm.v5i3.74

Imanda, F. S. (2023). Preferensi Konsumen terhadap Jeruk di Kota Lhokseumawe (Doctoral Dissertation, Universitas Malikussaleh). https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/805/

Muslikun, M., Subantoro, R., & Fachriyan, H. A. (2025). Analisa Nilai R/C pada Usaha Tani Padi di Desa Pahesan Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan Jawa Tengah. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 5(2), 687-694. https://doi.org/10.37481/jmeb.v5i2.1328

Nisa, N. R. T. Analisis Konjoin untuk Menentukan Preferensi Konsumen dalam Memilih Marketplace (Studi Kasus: Mahasiswa S1 Institut Pertanian Bogor, Dramaga) [Skripsi]. IPB University.

Nurmalina, R., Sarianti, T., & Karyani, A. (2023). Studi Kelayakan Bisnis. Ed revisi. Kurniawan MC, editor. Bogor: PT Penerbit IPB Press.

Prasetyo, E., & Lestari, D. (2023). Inovasi produk olahan pangan sebagai strategi peningkatan daya saing UMKM. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 16(2), 123–134.

Rahmawati, S., Putri, A. R., & Nugroho, B. (2024). Analisis preferensi konsumen terhadap produk pangan lokal. Jurnal Agribisnis Indonesia, 12(1), 45–56.

Rahmah, L., & Choiriyah, N. A. (2022). Increasing levels of fibre and mineral (Fe, Ca, and K) in chicken meatballs added dragon fruit peel and oyster mushroom. IOP Conference Series: Earth and Environmenl Science, 951(1), 012093. https://doi.org/10.1088/1755-

Rais, A., Syamsuddin, & Armawati. (2025). Analisis kelayakan usahatani sayuran selada hidroponik dengan menggunakan metode NFT (Nutrien Film Technique) (Studi Kasus pada Wara Hidroponik Kelurahan Tompotikka Kota Palopo). Wanatani, 5(1), 65-76. https://doi.org/10.51574/jip.v5i1.374

Setyaningrum, R. P., Norisanti, N., Fahlevi, M., Aljuid, M., & Grabowska, S. (2023). Women and entrepreneurship for economic growth in: Clarifying the role of absorptive capacity and entrepreneurial competencies in strengthening women’s leadership toward success. Frontiers in Psychology, 13, 1-11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.975709

Widyastuti, R. S., Putri, C. A. R., Sari, D. L., & Rahadhini, M. D. (2025). Analisis Preferensi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Bakso di Bakso Idola Mojosongo, Surakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan, 5(2), 256-265. https://doi.org/10.55606/jurimbik.v5i2.1096




DOI: https://doi.org/10.33096/wiratani.v8i2.567

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Intani - Dewi

 ___________________________________________________________
Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis
ISSN 2614-5928
Published by Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0