DAMPAK KONTRIBUSI EKONOMI PEMANFAATAN HUTAN MANGROVE TERHADAP PENDAPATAN RUMAHTANGGA NELAYAN (Studi Kasus di Desa Laikang, Kecamatan Manggara’bombang, Kabupaten Takalar)

Muh. Arif Nur, Nuraeni Nuraeni, Muhammad Salim

Abstract


Tujuan Penelitian ini yaitu mengidentifikasi kegiatan yang dilakukan masyarakat dalam memanfaatkan hutan mangrove, menganalisis pendapatan petani dari kegiatan memanfaatkan hutan mangrove dan menganalisis kontribusi dalam memanfaatkan hutan mangrove terhadap pendapatan rumahtangga nelayan. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Laikang, Kecamatan Manggara’bombang, Kabupaten Takalar. Pemilihan lokasi penelitian ini dengan pertimbangan bahwa lokasi tersebut mayoritas penduduknya adalah nelayan dan wilayahnya berada pada daerah pesisir. Waktu penelitian berlangsung selama 2 bulan yaitu bulan Februari sampai Maret 2018. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang pekerjaan pokoknya sebagai nelayan dan juga memanfaatkan hutan Mangrove sebagai sumber pendapatan rumahtangga. Sampel ditentukan dengan metode purposive sampling (sengaja), yaitu sampel berjumlah 30 responden nelayan dan memanfaatkan hutan mangrove dengan pertimbangan masih kurang nelayan yang memanfaatkan hutan mangrove. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis pendapatan dan analisis kontribusi pemanfaatan hutan mangrove. Analisis deskriptif untuk melihat jenis aktivitas ekonomi pemanfaatan hutan mangrove. Analisis pendapatan digunakan untuk mengetahui pendapatan rumahtangga sedangkan analisis kontribusi digunakan untuk mengukur kontribusi pemanfaatan hutan mangrove terhadap pendapatan responden. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas ekonomi yang dilakukan masyarakat yaitu mengambil nener (bibit ikan) dan mengambil ikan, mengambil kepiting dan mengambil udang. Pendapatan rata-rata rumahtangga nelayan sebesar Rp 1.921.600,33 dan kontribusi pemanfaatan hutan mangrove terhadap pendapatan rumahtangga yaitu 40,85% yang berarti temasuk kategori kontribusi sedang.


Keywords


Hutan Mangrove; Kontribusi; Nelayan; Pendapatan

References


Asbi, A. M., & Rauf, R. A. (2019). Pengaruh Eksistensi Hutan Mangrove terhadap Aspek Sosial, Ekonomi dan Kearifan Lokal Masyarakat Pesisir di Desa Jaring Halus, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(3), 666-674.

Baharuddin H DJ. (2015). Pemanfaatan Mangrove dan Kontribusi terhadap pendapatan rumahtangga nelayan di Kelurahan Lakkang Makassar. Makassar.

Christanto, (2010). Model pengembangan Wilayah Pesisir Berkawasan Lingkungan. Bapedalda, Propinsi Sulawesi Selatan.

Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan. (2007). Luas Pantai Provinsi Sulawesi Selatan. Sulawesi Selatan.

Ikbal, I., Tantu, A. G., & Mulyani, S. (2019). ANALISIS KERUSAKAN EKOSISTEM MANGROVE TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT PESISIR DI DESA TONGKE-TONGKE KECAMATAN SINJAI TIMUR KABUPATEN SINJAI. Journal of Aquaculture and Environment, 1(2), 59-62.

Kinasih, P. I., & Purnaweni, H. (2019, November). Pemanfaatan Mangrove Untuk Pemberdayaan Masyarakat Pesisir. In Conference on Public Administration and Society (Vol. 1, No. 01).

Pemogan, S. K. D. (2019). Valuasi Ekonomi Ekosistem Mangrove Dan Kontribusinyaterhadap Pendapatan Rumah Tangga: Studi Kasus Desa Pemogan, Tuban Dan Kutawaru. Jurnal Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan Vol, 16(3), 197-210.

Rahman, M. Z., & Pansyah, D. (2019). Pemberdayaan ekonomi masyarakat pesisir melalui pemanfaatan hutan mangrove untuk budidaya kepiting bakau Desa Eat Mayang Sekotong Timur Lombok Barat. GEOGRAPHY: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(2), 1-10.

Ramli. (2008). Upaya Peningkatan Pendapatan Nelayan dalam pemanfaatan hutan Mangrove di Desa Bontosunggu Takalar. Makassar.

Saputro, A., Nyompa, S., & Arfan, A. (2019). Analisis Pemanfaatan Hutan Mangrove dan Kontribusinya Terhadap Pendapatan Rumah Tangga Masyarakat di Pulau Tanakeke Kabupaten Takalar. LaGeografia, 18(1), 70-81.




DOI: https://doi.org/10.33096/wiratani.v4i1.134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muh. Arif Nur, Nuraeni Nuraeni, Muhammad Salim

 ___________________________________________________________
Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis
ISSN 2614-5928
Published by Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0