KONTRIBUSI PENDAPATAN USAHATANI BAWANG MERAH TERHADAP PENDAPATAN RUMAHTANGGA PETANI DI KABUPATEN ENREKANG

Sakinah Sakinah, Ida Rosada, Farizah Dhaifina Amran

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu mengalisisis besar produksi dan pendapatan petani bawang merah di Kelurahan Balla, Kecamatan Baraka, Kabupaten Enrekang, menganalisis besar kontribusi pendapatan usahatani bawang merah terhadap total pendapatan rumahtangga petani bawang merah di Kelurahan Balla, Kecamatan Baraka, Kabupaten Enrekang dan mengindentifikasi faktor pendorong dan penghambat apa saja yang ada dalam berusahatani bawang merah Kelurahan Balla, Kecamatan Baraka, Kabupaten Enrekang. Waktu penelitian ini berlangsung pada bulan Juli - Oktober 2020. Analisis yang digunakan adalah analisis pendapatan, analisis deskriptif dan analasis kontribusi. Hasil penelitian ini menunjukkan jumlah produksi dan pendapatan yang diperoleh petani bawang merah di Kelurahan Balla, Kecamatan Baraka, Kabupaten Enrekang yaitu rata-rata produksi bawang merah pada musim tanam I sebesar 6.760 kg dan pada musim tanam II sebesar  7.650 kg Sedangkan rata-rata pendapatan yang diperoleh petani bawang merah pada musim tanam 1 sebesar Rp  65.951.923 dan pada musim tanam II  sebesar Rp 108.658.223 dan total pendapatan  yang diterima petani responden  pertahun sebesar Rp 174.610.146 dan jumlah kontribusi pendapatan usahatani bawang merah terhadap pendapatan total rumahtangga petani pada musim tanam I adalah sebesar 70,51% dan pada musim II sebesar 80,35% dan faktor pendorong usahatani bawang merah di Kelurahan Balla, Kecamatan Baraka, Kabupaten Enrekang adalah faktor fisik lingkungan, tenaga kerja mudah didapatkan, ketersediaan lahan dan waktu panen bawang merah terbilang cepat dan faktor penghambatnya yaitu adalah keterbatan modal, irigasi/air dan fluktuasi harga.

Keywords


Bawang Merah; Kontribusi; Pendapatan; Produksi

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Ekaria, E. (2018). Kontribusi Usahatani Bawang Merah (Allium cepa L) Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Petani (Studi Kasus di Desa Tutuling Jaya Kecamatan Wasile Timur Kabupaten Halmahera Timur). Agrikan: Jurnal Agribisnis Perikanan, 11(1), 8-12.

Fauzan, M. (2020). Pendapatan rumah tangga petani bawang merah lahan pasir pantai di Kabupaten Bantul. JAS (Jurnal Agri Sains), 4(1), 60-66.

Lestari, R. D., & Suhatmi, E. C. (2020, September). Curahan Tenaga Kerja Wanita tani dan Hubungannya dengan Pendapatan Rumah Tangga Petani Bawang Merah di Kabupaten Bojonegoro. In Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains dan Teknologi (Vol. 1, pp. 174-174).

Rahim, A. dan Hastuti D. R. D. (2008). Pengantar, Teori dan Kasus Ekonomika Pertanian. Jakarta: Penebar Swadaya.

Riyanti. (2011). Analisis Efisensi Ekonomi Penggunaan Faktor-Faktor Produksi Pada Usahatani Bawang Merah di Kabupaten Brebes. [Skripsi]. Surakarta: Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret.

Rukmana, R. (1994). Budidaya Bawang Merah dan Pengelolahan Pasca Panen. Jakarta: Kanisius.

Statistik, B. P. (2019). Enrekang Dalam Angka 2015-2019. Badan Pusat Statistik Kabupaten Enrekang.

Sukirno, Sadono. (2013). Makro Ekonomi, Teori Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Susilo, A., & Adzim, A. (2019). Pengaruh Luas Lahan, Biaya Produksi Dan Harga Pasar Terhadap Peningkatan Pendapatan Petani Bawang Merah: Studi Kasus Di Desa Banaran Wetan Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk. Journal of Public Power, 3(1), 12-29.

Tiasa, I. T., Sudrajat, I. S., & Astuti, A. (2019). Analisis Pendapatan dan Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga Petani Bawang Merah di Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul. Jurnal Ilmiah Agritas, 3(2), 21-32.




DOI: https://doi.org/10.33096/wiratani.v4i1.136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sakinah Sakinah, Ida Rosada, Farizah Dhaifina Amran

 ___________________________________________________________
Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis
ISSN 2614-5928
Published by Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0